Kompas TV nasional sosial

Jangan Panik! Ini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Panas yang Terasa Akhir-akhir Ini

Senin, 17 Mei 2021 | 22:13 WIB
jangan-panik-ini-penjelasan-bmkg-terkait-cuaca-panas-yang-terasa-akhir-akhir-ini
Ilustrasi orang tengah melap keringat saat cuaca panas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Merasakan cuaca panas akhir-akhir ini? Jika iya, berarti sama yang dirasakan masyarakat lain di sejumlah wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

Cuaca panas nan terik ternyata tak hanya dirasakan saat siang, namun malam hari juga merasakan hal yang sama.

Lantas, apa yang menyebabkan cuaca panas ini terjadi dan apakah ini pertanda awal musim kemarau? Jangan resah. Berikut ini tanggapan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca panas tersebut.

Miming Saepudin selaku Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG mengatakan kondisi yang terjadi di wilayah Indonesia saat ini adalah kondisi suhu panas harian.

Baca Juga: Waspada Kondisi Heat Stroke di Tengah Cuaca Panas, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kondisi suhu panas harian umumnya disebabkan kondisi cuaca cerah pada siang hari dan relatif lebih signifikan pada saat posisi semu Matahari berada di sekitar ekuatorial.

Pada pertengahan Mei 2021 ini, posisi semu matahari sudah berada di Belahan Bumi Utara (BBU) di sekitar 19 derajat LU.

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Mesin ATM Dibobol Pencuri

Jumat, 18 Juni 2021 | 18:16 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:25
67 WARGA KEMAYORAN, JAKBAR, DAN SEKITARNYA YANG TERPAPAR COVID 19 DIEVAKUASI KE WISMA ATLET GUNAKAN BUS SEKOLAH   90 PERSEN TENAGA KESEHATAN DI KABUPATEN KUDUS TELAH SEMBUH DARI COVID-19   SULTAN HAMENGKU BUWONO X ANCAM AKAN BERLAKUKAN “LOCKDOWN” UNTUK MENEKAN PENYEBARAN COVID-19 DI YOGYAKARTA   POLISI BERSENJATA LENGKAP DISIAGAKAN DI POSKO TES USAP MASAL DI JEMBATAN SURAMADU YANG BERADA DI SISI SURABAYA   ENAM OKNUM PRAJURIT TNI AL TERLIBAT PENGANIAYAAN DUA WARGA DI PURWAKARTA, JAWA BARAT, SATU KORBAN MENINGGAL   GUBERNUR ANIES BASWEDAN MINTA WARGA DKI DAN SEKITARNYA TETAP BERADA DI RUMAH PADA HARI SABTU DAN MINGGU BESOK   PELINDO II TELAH MENINDAK TEGAS 12 PELAKU PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   KASUS COVID-19 BELUM MEMBAIK, PEMERINTAH MENGGANTI DUA HARI LIBUR NASIONAL DAN MENIADAKAN CUTI BERSAMA NATAL 2021   KETUM IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA AMAN BHAKTI PULUNGAN MEMPREDIKSI PANDEMI COVID-19 AKAN BERLANGSUNG 3-5 TAHUN   PEMKOT BEKASI AJAK WARGA UNTUK VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA PADA 19, 23, 26 JUNI 2021   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO INGATKAN PENTINGNYA SINERGITAS 4 PILAR TEKAN COVID-19 DI MADIUN, JATIM   DISNAKERTRANS DKI AKAN LAKUKAN PEMANTAUAN LEBIH KETAT DI PERKANTORAN YANG MASUK WILAYAH ZONA MERAH COVID-19   DISNAKERTRANS DKI AKAN BERI SANKSI KEPADA PERKANTORAN YANG NEKAT PEKERJAKAN KARYAWAN MELEBIHI BATAS KETENTUAN WFO   POLISI & TNI GENCARKAN PATROLI PROTOKOL KESEHATAN DI JAKARTA SEIRING NAIKNYA KASUS COVID-19