Kompas TV nasional sosial

Penjelasan BMKG soal Penyebab Cuaca Panas Akhir-Akhir Ini Padahal Musim Hujan

Kompas.tv - 16 November 2020, 08:15 WIB
penjelasan-bmkg-soal-penyebab-cuaca-panas-akhir-akhir-ini-padahal-musim-hujan
Ilustrasi: cuaca panas. (Sumber: shutterstock)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab cuaca panas di Indonesia padahal sudah memasuki musim hujan sejak Oktober kemarin.

Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi menjelaskan, suhu panas akhir-akhir ini di seluruh wilayah Indonesia disebabkan oleh faktor klimatologis.

Secara klimatologis, bulan Oktober dan November adalah periode transisi pergerakan semu matahari dari Equator ke Belahan Bumi Selatan yang mencapai puncak pada 21 Desember di posisi 23,5 Lintang Selatan (Tropic of Capricorn).

Baca Juga: Kenapa Cuaca Indonesia Panas Padahal Musim Hujan? Ini Penjelasan Ilmiah BMKG

Pada November hingga April adalah periode musim hujan di Indonesia khususnya Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara.

"Pada periode tersebut juga merupakan periode di mana pergerakan semu matahari bergerak dari equator ke selatan, mulai 21 September - tepat di equator - bergerak ke Lintang Selatan Hingga 23,5 Lintang Selatan pada 21 Desember (puncaknya)," kata Adi dikutip dari Kompas.com.

"Kemudian bergerak lagi ke arah Ekuator untuk terus berlajut ke lintang Utara," sambungnya.

Nah, karena fenomena ini, pada periode tersebut wilayah Indonesia akan mengalami radiasi matahari yang lebih optimal dari bulan-bulan lainya.

"Sehingga kita itu akan merasakan suhu udara lebih panas dari biasanya," terangnya.

Adi menambahkan, hal ini menyebabkan suhu udara di musim hujan ini terasa terik atau panas di siang hari. Namun pada sore hari terjadi mendung dan segera turun hujan.

"Kalangan meteorologist sering menyebutkan bahwa summernya di Indonesia adalah ketika musim hujan," jelasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x