Kompas TV klik360 sinau

Berbeda tapi Saling Berkaitan, Apa Perbedaan Cuaca dan Iklim?

Selasa, 18 Mei 2021 | 10:30 WIB

KOMPAS.TV - Saat musim hujan, cuaca akan terasa dingin, sedangkan saat musim kemarau, cuaca bisa menjadi sangat panas.

Selain cuaca yang dingin, ada juga iklim dingin. Keduanya memengaruhi suhu di sekitar kita. Cuaca dan iklim merupakan dua hal yang saling berkaitan, namun cuaca dan iklim itu berbeda.

Lalu, apa perbedaan cuaca dan iklim?

Cuaca adalah keadaan atmosfer pada waktu yang tidak lama dan meliputi wilayah yang sempit.

Sedangkan iklim adalah rata-rata keadaan cuaca pada periode waktu yang lama dan meliputi wilayah yang luas.

Cuaca bisa berganti dengan cepat, bahkan hanya dalam hitungan jam. Namun iklim membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk bisa berubah.

Karena itu, prediksi cuaca lebih mudah dilakukan dibandingkan prediksi mengenai iklim.

Ilmu yang digunakan untuk mengamati cuaca disebut meteorologi. Sementara ilmu yang digunakan untuk melakukan pengamatan iklim adalah klimatologi.

Apa saja unsur-unsur pembentuk cuaca dan iklim?

1. Temperatur (suhu) udara, yaitu panas atau dinginnya udara yang dinyatakan dengan derajat.

2. Kelembapan udara, adalah banyaknya uap air yang dikandung oleh udara atau atmosfer.

3. Curah hujan, yaitu jumlah air yang turun sebagai hujan di daerah tertentu dalam kurun waktu tertentu.

4. Tekanan udara, merupakan tekanan yang ditimbulkan oleh udara yang menekan bumi.

5. Angin, adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:31
HARGA EMAS BATANGAN ANTAM PADA HARI INI BERADA DIANGKA RP 978.000 PER GRAM   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) TAK DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PEMBERHENTIAN PEGAWAI KPK    DALAM GUGATANNYA, RJ LINO JUGA MEMINTA AGAR DIRINYA DIKELUARKAN DARI RUTAN NEGARA KELAS I C CABANG KPK   RJ LINO GUGAT KPK UNTUK MENGANULIR STATUSNYA SEBAGAI TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT PELINDO II PADA 2010   HARI INI, SIDANG GUGATAN PRAPERADILAN YANG DIAJUKAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO DIGELAR DI PN JAKARTA SELATAN    DINKES: KASUS AKTIF COVID-19 DI DEPOK BERJUMLAH 1.011 PASIEN YANG MASIH JALANI ISOLASI MANDIRI DAN PERAWATAN   HINGGA 17 MEI 2021, PEMKAB BEKASI MENCATAT 11 KASUS BARU COVID-19 DAN 41 PASIEN DILAPORKAN SEMBUH   GUEBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT PIHAKNYA HANYA PERKETAT PENGAWASAN PENDATANG YANG MASUK JAKARTA USAI LIBUR LEBARAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TEGASKAN PEMPROV DKI TAK PERNAH LARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA   PER 17 MEI 2021, DINKES DKI TELAH MENYIAPKAN 6.633 TEMPAT TIDUR ISOLASI DAN 1.007 FASILITAS ICU UNTUK PASIEN COVID-19   KADINKES DKI WIDYASTUTI: PEMPROV DKI SUDAH BERSIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19 DARI KLASTER MUDIK LIBUR LEBARAN   DISHUB DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   KPC-PEN SEBUT BINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RUMAH SAKIT RUJUKAN PASIEN COVID-19 DI SUMATERA RELATIF TINGGI   KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH DI PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19