Kompas TV nasional berita utama

ICMI: Konflik Israel Vs Palestina Bukan Perang Soal Agama, Ini Masalah Kemanusiaan

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 11:42 WIB
icmi-konflik-israel-vs-palestina-bukan-perang-soal-agama-ini-masalah-kemanusiaan
mantan ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie memberikan saran kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menilai konflik Israel dengan Palestina bukanlah perang soal agama. Bagi ICMI, yang terjadi antara Israel dan Palestina adalah perang soal perebutan wilayah dan soal kemanusiaan.

“Konflik Israel vs Palestina bukan perang soal Agama. Itu adalah perang soal perebutan wilayah dan soal kemanusiaan,” ujar Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Jimly Assiddiqie, Senin (17/5/2021).

“Karena itu, kami menghimbau PBB agar segera meminta Israel-Palestina menghentikan perang dan kedua belah dapat menempuh jalur perundingan,” tambahnya.

Baca Juga: Tabrakkan Mobilnya ke Blokade Polisi Israel, Pengemudi Palestina Ditembak Mati

Dalam pernyataan tertulisnya, Jimly Assiddiqie mengatakan ICMI mendukung penuh perjuangan Palestina untuk mendapatkan hak-hak nya.

Termasuk, sambung Jimly, ICMI mengutuk pendudukan Israel atas wilayah Palestina.

“ICMI juga mendukung penuh langkah langkah strategis Indonesia, baik di OKI maupun di PBB yang terus konsisten dan aktif demi terwujudnya perdamaian Israel-Palestina,” ujarnya.

Baca Juga: Muhammadiyah Minta Dunia Internasional Ambil Langkah Tegas Terhadap Kebrutalan Israel di Palestina

Selain itu, mantan Ketua Mahkamah Konstutusi (MK) ini,  menambahkan ICMI juga mendorong agar Pemerintah Indonesia bersedia menjadi penengah bagi terwujudnya perdamaian Israel-Palestina.

“ICMI menghimbau seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu memberikan bantuan kemanusiaan kepada saudara saudara kita di Palestina dan dipengungsian,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x