Kompas TV regional peristiwa

Mengenang Kelamnya Aksi Rusuh Solo Mei 1998 saat Toko Dijarah dan Dibakar: Saya Merinding dan Takut

Sabtu, 15 Mei 2021 | 21:50 WIB
mengenang-kelamnya-aksi-rusuh-solo-mei-1998-saat-toko-dijarah-dan-dibakar-saya-merinding-dan-takut
Warga sekitar sekaligus saksi mata kejadian kerusuhan 1998, Suhatmi (57) menunjukan lokasi aksi kericuhan saat ditemui TribunSolo.com (15/5/2021). (Sumber: Tribun Solo)

SOLO, KOMPAS.TV- Tepat hari ini 15 Mei pada tahun 1998 lalu, Kota Solo mencatatkan sejarah kelam dengan terjadinya kerusuhan massa.

Berlangsung sejak 14 Mei 1998, kerusuhan pecah kala itu bersamaan dengan reformasi yang digaungkan para mahasiswa dan lengsernya Presiden Soeharto.

Sejumlah pertokoan di Kota Solo menjadi sasaran amuk masa dan penjarahan. Misalnya, rumah-rumah dan pertokoan di timur Jalan Slamet Riyadi, khususnya di Jalan Dr Radjiman Solo. Tidak hanya harta, sejumlah nyawa pun melayang sebagai akibat peristiwa kelam tersebut.

Peristiwa tersebut hingga kini masih mengkristal dalam memori warga setempat, termasuk Suhatmi.

Seorang penjual angkringan yang kala itu menyaksikan dengan mata kepala sendiri rentetan kejadiannya.

Baca Juga: Menolak Lupa, Daftar Catatan Kelam Tragedi Mei 1998

“Dulu saya masih jualan tengkleng kambing. Sekarang hanya wedangan dan persis di sini, di depan tempat kejadian kerusuhan,” kata Suhatmi sembari menunjuk lokasi toko dibakar dan dijarah tepat berada di seberang jalan dirinya berjualan, Sabtu (15/5/2021).

Kala itu, ungkap dia, massa melakukan penjarahan ke toko-toko di kawasan Jalan Dr Radjiman. Toko Milan dan Bata, tak luput dari sasaran amuk massa.

“Waktu itu saya tidak sedang jualan, sekitar pukul 10.00 WIB pagi saya mendengar ledakan kaget asap di mana - mana,” ujar dia.

“Saya takut tapi penasaran ingin lihat bersama tetangga dan warga sekitar,” tambahnya.

Penulis : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Stok Pupuk Bersubsidi Di Sulut Aman

Sabtu, 18 September 2021 | 00:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19