Kompas TV regional peristiwa

Dinonaktifkan, Novel dan 74 Pegawai KPK Lainnya Akan Melawan Keputusan

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyidik senior KPK Novel Baswedan bersama 74 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos asesmen tes wawasan kebangsaan telah resmi dinonaktifkan.

Novel dan 74 pegawai KPK menyebut akan melawan keputusan tersebut.

Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK saat ini sedang berdiskusi terkait penonaktifan pegawai KPK yang tak lolos dan tes wawasan kebangsaan pealihan status ASN.

Novel menilai penonaktifan 75 pegawai KPK yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan bukan proses yang wajar.

Ia menyebut jika ini adalah upaya yang sistematis untuk menyingkirkan orang yang bekerja baik untuk negara.

“Tes wawasan kebangsaan bukan tes kompetensi atau tes untuk seleksi. Dalam undang-undang 19 tahun 2019 dan putusan MK jelaskan pegawai KPK menjadi ASN hanya bersifat peralihan yang tidak boleh merugikan pegawai KPK, tapi digunakan untuk singkirkan 75 pegawai yang sedang menangani kasus besar,” tulis Novel dalam akun Twitternya.

Senada dengan Novel, Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo membenarkan jika dirinya sudah mendapatkan surat penonaktifan dari pimpinan KPK dan diminta menyerahkan tugas dan tanggungjawabnya pada atasan masing-masing.

Menanggapi surat tersebut, 75 pegawai KPK yang dinonaktifkan sepakat akan melakukan kajian dan konsolidasi untuk mempertahankan hak mereka sesuai dengan putusan mahkamah konstitusi. 

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:35
CEGAH PENYEBARAN COVID-19, MALAYSIA PERPANJANG "LOCKDOWN" HINGGA 28 JUNI 2021   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: PERUSAHAAN BUMN HADIR UNTUK MEMBANTU MASYARAKAT INDONESIA NAIK KELAS    KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: MELINDUNGI PERS HARUS DIMAKNAI SEBAGAI MELINDUNGI DEMOKRASI   GUBERNUR GANJAR PRANOWO PASTIKAN TEMUAN VARIAN BARU COVID-19 DARI INDIA DI KUDUS YANG PERTAMA DI JATENG   POLRES MAJALENGKA MENGAMANKAN 22 PELAKU PUNGLI DAN PREMANISME   PEMPROV SUMSEL BENTUK TIM GABUNGAN UNTUK PASTIKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 BERJALAN OPTIMAL   SATGAS COVID-19 SUMBAR: KABUPATEN PADANG PARIAMAN MASUK ZONA MERAH COVID-19   MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PERUSAHAAN BUMN UNTUK PERBESAR ATENSI KEPADA PELAJAR DAN PEREMPUAN   POLRES JEMBER SITA 2,8 KILOGRAM GANJA KERING DAN TANGKAP 4 ORANG TERSANGKA   MENTERI PUPR OPTIMISTIS PEMBANGUNAN PINTU AIR DEMANGAN BARU DI KELURAHAN SEWU, SURAKARTA, RAMPUNG AKHIR TAHUN INI   KEMENTERIAN PUPR SELESAIKAN PEMBANGUNAN 656 UNIT SARANA HUNIAN PARIWISATA DI DESTINASI WISATA LABUAN BAJO, NTT   SELAIN KA BATURRADEN EKSPRES, PT KAI JUGA LUNCURKAN KA NUSA TEMBINI RELASI CILACAP-YOGYAKARTA   PT KAI AKAN LUNCURKAN KERETA API BARU YAITU KA BATURRADEN EKSPRES RELASI BANDUNG-PURWOKERTO   MENPAREKRAF UPAYAKAN TRADISI PACUAN KUDA DI BIMA JADI SALAH SATU TUJUAN DESTINASI WISATA NASIONAL