Kompas TV regional peristiwa

Dinonaktifkan, Novel dan 74 Pegawai KPK Lainnya Akan Melawan Keputusan

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 17:27 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyidik senior KPK Novel Baswedan bersama 74 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos asesmen tes wawasan kebangsaan telah resmi dinonaktifkan.

Novel dan 74 pegawai KPK menyebut akan melawan keputusan tersebut.

Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK saat ini sedang berdiskusi terkait penonaktifan pegawai KPK yang tak lolos dan tes wawasan kebangsaan pealihan status ASN.

Novel menilai penonaktifan 75 pegawai KPK yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan bukan proses yang wajar.

Ia menyebut jika ini adalah upaya yang sistematis untuk menyingkirkan orang yang bekerja baik untuk negara.

“Tes wawasan kebangsaan bukan tes kompetensi atau tes untuk seleksi. Dalam undang-undang 19 tahun 2019 dan putusan MK jelaskan pegawai KPK menjadi ASN hanya bersifat peralihan yang tidak boleh merugikan pegawai KPK, tapi digunakan untuk singkirkan 75 pegawai yang sedang menangani kasus besar,” tulis Novel dalam akun Twitternya.

Senada dengan Novel, Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo membenarkan jika dirinya sudah mendapatkan surat penonaktifan dari pimpinan KPK dan diminta menyerahkan tugas dan tanggungjawabnya pada atasan masing-masing.

Menanggapi surat tersebut, 75 pegawai KPK yang dinonaktifkan sepakat akan melakukan kajian dan konsolidasi untuk mempertahankan hak mereka sesuai dengan putusan mahkamah konstitusi. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.