Kompas TV klik360 sinau

Nostalgia Berkirim Ucapan Selamat Idul Fitri, Kamu Generasi yang Mana?

Rabu, 12 Mei 2021 | 18:01 WIB

KOMPAS.TV - Bertukar ucapan lebaran seolah jadi kebiasaan yang tidak boleh ketinggalan dalam merayakan Idul Fitri. Seiring berkembangnya jaman, cara untuk mengirim ucapan Selamat Idul Fitri juga ikut mengalami perkembangan.

Mari sejenak bernostalgia dengan cara mengirimkan ucapan Idul Fitri dari masa ke masa!

1. Kartu Lebaran

Kartu lebaran sempat populer di tahun 90-an dan awal tahun 2000. Ucapan lebaran dikirim dalam bentuk kartu yang dihias dan ditulis sedemikian rupa agar nampak lebih indah.

Kartu lebaran punya kesan istimewa karena dikirim melalui kantor pos dan harus menunggu beberapa hari agar sampai ke penerima.

2. SMS (Layanan Pesan Singkat)

Saat penggunaan ponsel sudah mulai marak, SMS dimanfaatkan untuk memberi ucapan lebaran.

Ucapan lebaran melalui SMS punya ciri khas dengan singkatan-singkatan kata karena keterbatasan karakter.

Salah satu ucapan lebaran yang hits pada masanya yaitu, "Ketika mulut tak mampu berucap, ketika telinga tak mampu mendengar, ketika tangan tak mampu berjabat, ketika kaki tak mampu melangkah…"

Familiar bukan?

3. BBM (Blackberry Messenger)

Fitur pesan singkat yang ada di BBM memungkinkan pengguna mengirim pesan broadcast ke seluruh kontak.

Sayangnya, BBM yang dimiliki oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) telah ditutup dan tak lagi dapat digunakan sejak 31 Mei 2019.

4. Facebook

Sejak kemunculannya pada 2004, Facebook masih banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Ucapan lebaran bisa diunggah dengan menandai orang-orang tertentu atau mengirimnya di grup Facebook.

Selain pesan teks, ucapan lebaran juga bisa disertai dengan gambar, foto, dan video.

5. Instagram

Ucapan lebaran bisa disampaikan di Instagram dengan mengunggah foto bersama keluarga atau gambar kartu lebaran virtual.

Foto atau video ucapan lebaran bisa diunggah di Home Instagram atau fitur Instagram Stories.

Jadi, kamu masuk generasi yang mana? Apapun mediumnya, bertukar ucapan lebaran akan selalu jadi momen hangat saat perayaan Idul Fitri.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:24
PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN TANDA TANGANI UU YANG RESMIKAN NEGARANYA KELUAR DARI PERJANJIAN OPEN SKIES   HAMAS ANCAM PERANG DENGAN ISRAEL JIKA PAWAI NASIONALIS YAHUDI DEKATI JERUSALEM TIMUR DAN KOMPLEKS MASJID AL-AQSA   ISRAEL LAKUKAN SERANGAN UDARA KE SURIAH, 8 PERSONEL MILITER PEMERINTAH SURIAH TEWAS   PEMERINTAH RI-PERANCIS BEKERJA SAMA DUKUNG PENINGKATAN KAPASITAS RISET KELAUTAN INDONESIA   OMBUDSMAN RI PANGGIL DIREKTUR RSUD RANTAUPRAPAT, LABUHANBATU, SOAL NAKES YANG BELUM DAPAT INSENTIF SEJAK MARET 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: JUMLAH PENDAFTAR PPDB 2021 TELAH MELEBIHI DAYA TAMPUNG SEKOLAH   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO INSTRUKSIKAN STAF LOGISTIK AGAR CEPAT TANGANI WILAYAH TERDAMPAK BENCANA ALAM   PT PLN (PERSERO) JAMIN DAN PASTIKAN PENUHI KEBUTUHAN LISTRIK INDUSTRI PENGOLAHAN DAN PEMURNIAN MINERAL DI SULAWESI   KEMENPUPR AKAN LELANG 4 RUAS TOL LINGKAR LUAR JAKARTA (JORR) TAHUN INI   MENKUMHAM YASONNA LAOLY SEBUT PASAL PENGHINAAN KE PRESIDEN & WAKIL PRESIDEN MERUPAKAN DELIK ADUAN   MENKOP UKM TETEN MASDUKI MINTA PARA PELAKU USAHA UMKM TIDAK RAGU UNTUK GABUNG KE KOPERASI   PEMPROV PAPUA DAN KEMENDAGRI GELAR RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PERSIAPAN PON DAN PEPARNAS 2021   MENDAGRI TITO KARNAVIAN AJUKAN ANGGARAN 2022 KE DPR SEBESAR RP 1,902 TRILIUN GUNA SUKSESKAN PEMILU 2024   KEMENKES: VAKSINASI COVID-19 UNTUK WARGA DKI USIA 18 TAHUN KE ATAS GUNAKAN VAKSIN ASTRAZENECA