Kompas TV nasional sosok

Google Rayakan Hari Lahir Sang Legenda Batik Indonesia Lewat Doodle Art, Siapa Go Tik Swan?

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:33 WIB
google-rayakan-hari-lahir-sang-legenda-batik-indonesia-lewat-doodle-art-siapa-go-tik-swan
Doodle Art persembahan Google untuk sang legendaris Batik Indonesia, Go Tik Swan atau K.R.T Hardjonagoro, Selasa (11/5/2021) (Sumber: Tangkapan layar)

SOLO, KOMPAS.TV - Google merayakan hari kelahiran sang legenda Batik Indonesia asal Solo, Go Tik Swan (GTS) atau K.R.T. Hardjonagoro dengan menghadirkan Doodle Art di laman utama mesin pencariannya.

Pada Doodle Art tersebut pria kelahiran 11 Mei 1931 ini berdiri tegak mengenakan busana abdi dalem khas Keraton Kasunanan Surakarta. GTS dikenal sebagai legenda batik asal Solo, beberapa karyanya memadukan motif dan teknik pewarnaan gaya klasik dengan gaya pesisir.

Beberapa motif legendarisnya, yaitu Sawunggaling, Rengga Puspita, Kembang Bangah, dan Kuntul Nglayang. Bahkan, motif Sawunggaling karya GTS diakui sebagai satu karya yang wajib dimiliki oleh para pencinta seni pewarnaan kain dengan lilin panas ini.

Baca Juga: Realme Gandeng Seniman Grafis Grafflex Bikin Smartwatch Bergaya Pop Culture

Awal mula GTS jatuh hati pada Batik

Lahir sebagai anak sulung dari Ibu seorang putri pengusaha Batik di Solo, lantas tidak membuatnya langsung jatuh hati. Diketahui, titik balik GTS sebagai pembatik berawal dari perjumpaannya dengan Presiden Soekarno pada acara Dies Natalis Universitas Indonesia ke-5 tahun 1955. GTS yang merupakan lelaki keturunan Tionghoa amat mahir dan halus membawakan tarian Jawa, Gambir Anom di Istana Negara.

Ibunya, Tjan Ging Nio sementara Ayahnya, Go Dhiam Ik, adalah pengusaha beragam bidang yang juga menjadi orang kepercayaan Belanda dengan jabatan Luitenant der Chinezen van Boyolali, yang memiliki hak monopoli perdagangan garam.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:52
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138