Kompas TV regional berita daerah

Rektor Universitas Negeri Makassar Sambangi Lapas, Ada Apa?

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 16:24 WIB
rektor-universitas-negeri-makassar-sambangi-lapas-ada-apa
Rektor Universitas Negeri Makassar Husain Syam didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto melakukan kunjungan ke Lapas Kelas I Makassar (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Rektor Universitas Negeri Makassar Husain Syam didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto melakukan kunjungan ke Lapas Kelas I Makassar, Kamis (06/05).

Kunjungan ini sebagai salah satu bentuk kerjasama antara UNM dengan Lapas Kelas 1 Makassar untuk meningkatkan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). “Kami memberikan kepercayaan kepada Garmen Lapas Makassar untuk memproduksi sekitar 2.000 Jas almamater Kampus UNM,” ungkap Husain.

Kakanwil Harun Sulianto menjawab kepercayaan tersebut dengan memberikan jaminan akan kualitas produksi dari wargabinaan. “Warga binaan yang ada di garmen ini telah di assesment oleh Tim Psikologi dari Lapas. Kita jamin mutu dari jas almamater ini akan lebih baik dari contoh yang diberikan,” terang Harun.

Kakanwil Harun berharap kedepannya akan lebih banyak pesanan di Garmen Lapas Kelas 1 Makassar untuk meningkatkan pembinaan warga binaan. “Tujuan kami agar warga binaan menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, tidak melanggar hukum lagi sehingga menjadi warga negara yang aktif dan produktif selama dan setelah menjalani masa pidana," Jelas Harun.

Kepala Lapas Kelas 1 Makassar Hernowo Sugiastanto menambahkan bahwa keterampilan yang diajarkan kepada warga binaan tak hanya menjahit/garmen saja. "Selain menerima pesanan jaket almamater , pakaian APD, warga binaan juga memiliki keterampilan membuat roti atau kue dan membuat sabun cuci piring," Jelas Hernowo. 

Didampingi langsung oleh Kakanwil dan Kalapas, Rektor UNM beserta rombongan melihat langsung proses pengerjaan Jas almamater yang dikerjakan oleh sekitar 64 warga binaan Lapas Makassar, mulai dari proses pemotongan kain hingga proses akhir produksi.


#LAPASMAKASSAR

#LAPASKELAS1A
#UNM



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x