Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Saldo Dompet Digital jadi Angpao Lebaran, Transaksi Naik 4 Kali Lipat

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 12:30 WIB
saldo-dompet-digital-jadi-angpao-lebaran-transaksi-naik-4-kali-lipat
Ilustrasi penggunaan dompet digital (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Saldo dompet digital menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berbagi di momen lebaran. Adanya pandemi Covid-19, membuat silaturahmi keluarga secara langsung tidak memungkinkan. Begitu juga dengan acara bagi-bagi angpao lebaran yang biasanya menggunakan uang tunai.

Salah satu penyedia layanan dompet digital yang transaksinya meningkat saat lebaran di tengah pandemi, adalah Gopay dari Gojek.

Head of Marketing GoPay Fibriyani Elastria mengatakan, pada ramadan 2020 pengguna yang memanfaatkan fitur transfer GoPay naik sebesar 4 kali lipat.

"Khusus di hari pertama Idul Fitri tahun lalu, kenaikan transaksi transfer antar sesama pengguna GoPay bahkan meningkat 2 kali lipat dibanding hari biasa," kata Febriyanti seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (10/05/2021).

Baca Juga: Yuk, Intip Tips Atur Bujet Angpao Lebaran dan Ide Angpao Selain Uang Tunai

Ia memperkirakan, tren itu masih berlanjut di tahun ini. Apalagi mudik juga ditiadakan tahun ini.

"Inilah yang membuat kami pada tahun ini memberikan gratis biaya admin 10 kali untuk transfer ke bank, yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi salam tempel dan rezeki secara digital di momen hari raya, " ujar Fibriyani.

Fenomena ini juga mendorong GoPay meluncurkan inisiatif Rumah Tanggap, untuk semakin mendukung kelancaran aktivitas keluarga selama Ramadan dan mengajak pasangan muda untuk saling tanggap dan sigap dengan urusan rumah tangga.

Baca Juga: 5 Hari Jelang Lebaran, Posko THR Kemnaker Sudah Terima 1.860 Pengaduan

Mulai dari pembayaran tagihan bulanan seperti listrik dan paket data lewat fitur GoTagihan, belanja bulanan di Sayurbox, Blibli.com, Alfamart, pembelian makanan untuk berbuka puasa di restoran maupun melalui GoFood, bayar aplikasi hiburan, hingga berbelanja baju lebaran online dan membayar zakat.

Tak mau ketinggalan momen, penyedia layanan dompet digital lainnya, LinkAja, menyiapkan fitur berbagi THR, dimana pengguna bisa membagikan saldo beserta kartu ucapan kepada teman dan keluarga baik yang telah memiliki akun ataupun belum.

"Harapan kami fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk menjalankan tradisi berlebaran sekaligus tetap mengikuti protokol kesehatan," kata Direktur Marketing LinkAja Edward Kilian Suwignyo, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (10/05/2021).

Baca Juga: Hampers jadi Bisnis Silaturahmi Saat Pandemi Corona Melanda

Menurut Edward, transfer ke sesama pengguna dan transaksi elektronik bakal menjadi fitur yang paling marak digunakan pada periode Lebaran 2021.

Ia juga memperkirakan transaksi ecommerce, merchant, transaksi LinkAja untuk food delivery di layanan Grabfood ataupun Gofood juga akan meningkat di masa Lebaran.

"Untuk proyeksi nanti kita lihat bersama ya. Sepertinya akan lebih baik pertumbuhan dibanding tahun lalu," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x