Kompas TV internasional kompas dunia

Di Tengah Pandemi, Afrika Selatan Alami Skandal Kerajaan Kontroversial Seputar Penerus Raja Zulu

Minggu, 9 Mei 2021 | 08:00 WIB
di-tengah-pandemi-afrika-selatan-alami-skandal-kerajaan-kontroversial-seputar-penerus-raja-zulu
Pangeran Misuzulu Zulu (tengah) diapit para pengawal yang juga berbusana tradisional di Istana Kerajaan KwaKhangelamankengane di Nongoma, Afrika Selatan, Jumat (7/5/2021). (Sumber: AP Photo)

CAPETOWN, KOMPAS.TV – Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, Afrika Selatan kini memiliki seorang raja Zulu baru. Namun, klaim Pangeran Misuzulu Zulu atas tahta kerajaan Zulu, ternyata dipertanyakan sejumlah anggota keluarga kerajaan lainnya.

Melansir The Associated Press, Sabtu (8/5/2021), kontroversi seputar siapa raja Zulu selanjutnya mencuat, menyusul kematian Raja Goodwill Zwelithini – yang berkuasa sejak tahun 1968 silam – pada Maret lalu. Peran Raja Zulu, meski sebagian besar bersifat seremonial, terbilang sangat penting bagi Afrika Selatan dan 12 juta warga Zulu.

Raja Zwelithini menunjuk salah seorang istrinya, Ratu Mantfombi Shiyiwe Dlamini Zulu, sebagai “pemimpin interim kerajaan Zulu” dalam wasiatnya. Namun, sang ratu meninggal dunia setelah menyandang gelar terhormat itu hanya selama sebulan, hingga suksesi kerajaan pun kacau.

Baca Juga: Baru Dijadikan Pemimpin Interim Kerajaan Zulu, Sang Ratu Meninggal Dunia

Kekisruhan itu pecah pada Jumat malam (7/5/2021) pada pembacaan wasiat Ratu Mantfombi, beberapa jam setelah sang ratu dimakamkan. Wasiat sang ratu menyebut Pangeran Misuzulu (46), putra sulungnya bersama Raja Zwelithini, sebagai ahli waris dan raja selanjutnya.

Namun, pangeran lain keberatan dan menginterupsi pengumuman wasiat di Istana Kerajaan KwaKhangelamankengane di provinsi KwaZulu-Natal di Afrika Selatan itu. Dua putri raja yang lain juga mempertanyakan apakah wasiat sang raja memberikan kuasa pada Ratu Mantfombi untuk menunjuk seorang pengganti setelah kematian sang ratu.

Baca Juga: Raja Zulu Meninggal, Disebut Visioner dan Hidupkan Lagi Tradisi Tes Keperawanan

Raja Zwelithini dikabarkan memiliki 28 orang anak dari banyak istri, dan Ratu Mantfombi bukan istri pertamanya. Sejak kematian sang raja, perselisihan seputar suksesi telah memanas, dan skandal kerajaan ini menjadi konsumsi rakyat Afrika Selatan.  

Selain perselisihan, nasib aset raja dan tanah luas yang secara tradisional dimiliki rakyat Zulu yang kini disimpan dalam sebuah dana perwalian, juga menjadi sorotan. Dana perwalian itu dikabarkan mengendalikan hampir 30% tanah di provinsi KwaZulu-Natal, atau sekitar 28.000 kilometer persegi. Raja menjadi satu-satunya wali.

Pangeran Misuzulu Zulu (kiri) bersama para pengawalnya di Istana Kerajaan KwaKhangelamankengane di Nongoma, Afrika Selatan, Jumat (7/5/2021). (Sumber: AP Photo)

Pada Jumat (7/5/2021), Pangeran Misuzulu, yang tampil mengenakan atribut ikat kepala tradisional dari kulit macan tutul yang diperuntukkan bagi anggota dan petinggi kerajaan, menyerukan persatuan di kalangan anggota kerajaan Zulu.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19