Kompas TV regional kesehatan

Muncul Klaster Kedua Jemaah Masjid di Bantul

Sabtu, 8 Mei 2021 | 17:13 WIB
muncul-klaster-kedua-jemaah-masjid-di-bantul
Ilustrasi Virus Corona. (Sumber: Freepik)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Klaster penularan Covid-19 di kalangan jemaah masjid kembali muncul Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabar terbaru, jumlah orang yang positif Covid-19 dari klaster tersebut sebanyak 20 orang.

Ini merupakan klaster kedua terkait jemaah masjid yang muncul di Bantul selama beberapa waktu terakhir.

Klaster penularan terjadi di Dusun Candi, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul. Penularan berawal dari S, seorang jemaah masjid di Dusun Candi yang dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia (RS UII), Bantul, 21 April 2021, dilansir dari Kompas.id, Sabtu (8/5/2021).

S menjalani isolasi di tempat isolasi milik Pemerintah Kabupaten Bantul. Pada hari ketiga, S dirujuk ke RSUD Panembahan Senopati, Bantul. Hasil pelacakan membuktikan bahwa istri, dua anak, dan ibu dari S dinyatakan positif Covid-19 dan satu anaknya dinyatakan negatif.

Sementara ini belasan jemaah masjid juga terkonfirmasi positif Covid-19 dan dimungkinkan bertambah karena petugas masih terus melakukan pelacakan.

Baca Juga: Covid-19 Kluster Sekolah Muncul, Jambi Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

“Total yang terkonfirmasi positif sampai hari ini ada 20 orang. Masih terus dilakukan tracing. Kurang lebih ada 15 orang yang akan dilakukan swab ke depan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, melalui keterangan tertulis, Jumat (7/5/2021).

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:58
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   TIMNAS INGGRIS AKAN JUMPA KROASIA DI LAGA PERDANA GRUP D PIALA EROPA 2020 MALAM INI   PARLEMEN ISRAEL, KNESSET, GELAR PEMUNGUTAN SUARA UNTUK SAHKAN PEMERINTAHAN ISRAEL   TIONGKOK SIAPKAN PERLINDUNGAN KETAT SETELAH KAWANAN GAJAH PENGEMBARA KEMBALI TERLIHAT DI SUAKA PROVINSI YUNNAN   PRODUSEN OTOMOTIF ASAL JERMAN VOLKSWAGEN LAPORKAN ADANYA PENCURIAN 3 JUTA DATA PRIBADI KONSUMENNYA   RUSIA UJI COBA VAKSIN COVID-19 VERSI SEMPROTAN HIDUNG YANG RAMAH UNTUK ANAK-ANAK USIA 8-12 TAHUN   PEMERINTAH SINGAPURA AKAN CABUT “LOCKDOWN” PARSIAL SECARA BERTAHAP MULAI BESOK SENIN, 14 JUNI 2021   BIKE TO WORK INDONESIA USUL PENGGUNAAN JLNT SEBAGAI LINTASAN “ROAD BIKE” DIATUR PERGUB AGAR PUNYA DASAR HUKUM JELAS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: DKI JAKARTA PALING TRANSPARAN SOAL PENANGANAN KASUS PENYEBARAN VIRUS KORONA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO: SEBANYAK 62 DARI 72 SAMPEL COVID-19 DI KUDUS, JAWA TENGAH, TERPAPAR VARIAN BARU ASAL INDIA   KASUS POSITIF MELONJAK SIGNIFIKAN, PEMPROV JABAR TAMBAH RASIO TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 HINGGA 40 PERSEN   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 DI INDONESIA HARI INI: SEBANYAK 9.869 POSITIF, 4.655 SEMBUH, DAN 149 MENINGGAL DUNIA   KEMENTERIAN ESDM SEBUT PROSPEK TAMBANG EMAS DI SANGIHE SELUAS 4.500 HEKTAR   POLRI KIRIM TIM FORENSIK UNTUK MENGOTOPSI JENAZAH WAKIL BUPATI SANGIHE HELMUD HONTONG