Kompas TV regional berita daerah

Covid-19 Kluster Sekolah Muncul, Jambi Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:29 WIB
covid-19-kluster-sekolah-muncul-jambi-hentikan-pembelajaran-tatap-muka
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cianjur meninjau simulasi pembelajaran tatap muka di dalam kelas yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Cianjur. (Sumber: KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

JAMBI, KOMPAS.TV – Pembelajararan tatap  muka (PTM) di Jambi yang baru berjalan dua bulan menimbulkan kluster-kluster baru Covid-19. PTM tersebut dilakukan dari tingkat SMA sejak pertengah Februari, dan SD-SMP mulai Maret.

Melansir dari laman Kompas.id, Selasa (4/5/2021), juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan, PTM yang dimulai pertengahan Februari lalu sebenarnya telah dilakukan dengan persiapan yang matang dan telah melalui simulasi. Sekolah-sekolah juga telah dicek kelayakan alat penunjang protokol kesehatannya.

Tak hanya itu, sebelum uji coba PTM digelar, dinas pendidikan juga telah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk dapat memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk mendukung protokol kesehatan yang ketat selama berlangsungnya PTM.

Bahkan, siswa juga diberikan kesempatan memilih PTM atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk siswa yang memilih PTM diwajibkan mengikuti tes usap antigen terlebih dahulu. Jika negatif, mereka dapat mengikuti PTM.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah Mulai Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Sayangnya, Johansyah mengakui masih ada sejumlah celah yang akhirnya menimbulkan merebaknya kluster sekolah. Pada akhir Maret ternyata Covid-19 menjangkit 56 siswa dan guru di SMA Titian Teras, Kabupaten Muaro Jambi.

Pembelajaran tatap muka yang baru berjalan dua pekan di sekolah itu pun langsung dihentikan dan saat ini masih menerapkan belajar daring.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


UKM

Survei KIC: 82 Persen UMKM Pilih Shopee

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:19 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:31
UPP KELAS II RAJA AMPAT: KAPAL WISATA DARI LUAR PAPUA BARAT TIDAK DIIZINKAN MASUK RAJA AMPAT SELAMA LARANGAN MUDIK   PETUGAS TEMUKAN BAHAN PANGAN MENGANDUNG ZAT BERBAHAYA SAAT INSPEKSI DI PASAR SENEN, JAKARTA PUSAT   PENYEKATAN ARUS MUDIK, POLISI CATAT 963 KENDARAAN TELAH PUTAR BALIK DI GERBANG TOL CILEUNYI, BANDUNG   TNI AL: TIONGKOK TELAH KIRIMKAN 48 PENYELAM PROFESIONAL UNTUK BANTU EVAKUASI KRI NANGGALA-402   TNI AL AKUI KESULITAN EVAKUASI BADAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402   DPP ORGANDA: BUS BERSTIKER KHUSUS ADALAH LANGKAH SOLUTIF DI TENGAH LARANGAN MUDIK   MENTERI PPN SUHARSO MONOARFA: PEMERINTAH INGIN TIRU TIONGKOK PULIHKAN EKONOMI DARI KRISIS AKIBAT PANDEMI   MENTERI PPN/KEPALA BAPPENAS SUHARSO MONOARFA PROYEKSIKAN PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA MASIH MINUS 0,9 PADA KUARTAL I   KEMENLU: SEBANYAK 103 PEKERJA MIGRAN WNI DARI MALAYSIA PULANG KEMBALI KE TANAH AIR   KEMENKES: WASPADAI VARIAN BARU VIRUS KORONA DARI INGGRIS, INDIA, DAN AFRIKA SELATAN YANG MASUK KE INDONESIA   KEMENKES MASIH TELUSURI ASAL KASUS MUTASI VIRUS KORONA B1617 YANG MENJANGKITI WARGA NEGARA INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI TEKANKAN BAHWA FONDASI AWAL DARI PEMULIHAN EKONOMI ADALAH PENGENDALIAN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN AGAR BELANJA TEKNOLOGI HARUS JELAS MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT DAN NEGARA   PRESIDEN JOKOWI: PERENCANAAN PEMBANGUNAN HARUS MAMPU CETAK TEKNOLOG HANDAL