Kompas TV regional berita daerah

Covid-19 Kluster Sekolah Muncul, Jambi Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 16:29 WIB
covid-19-kluster-sekolah-muncul-jambi-hentikan-pembelajaran-tatap-muka
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cianjur meninjau simulasi pembelajaran tatap muka di dalam kelas yang dilaksanakan di SMP Islam Cendekia Cianjur. (Sumber: KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy

JAMBI, KOMPAS.TV – Pembelajararan tatap  muka (PTM) di Jambi yang baru berjalan dua bulan menimbulkan kluster-kluster baru Covid-19. PTM tersebut dilakukan dari tingkat SMA sejak pertengah Februari, dan SD-SMP mulai Maret.

Melansir dari laman Kompas.id, Selasa (4/5/2021), juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan, PTM yang dimulai pertengahan Februari lalu sebenarnya telah dilakukan dengan persiapan yang matang dan telah melalui simulasi. Sekolah-sekolah juga telah dicek kelayakan alat penunjang protokol kesehatannya.

Tak hanya itu, sebelum uji coba PTM digelar, dinas pendidikan juga telah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk dapat memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk mendukung protokol kesehatan yang ketat selama berlangsungnya PTM.

Bahkan, siswa juga diberikan kesempatan memilih PTM atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk siswa yang memilih PTM diwajibkan mengikuti tes usap antigen terlebih dahulu. Jika negatif, mereka dapat mengikuti PTM.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah Mulai Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Sayangnya, Johansyah mengakui masih ada sejumlah celah yang akhirnya menimbulkan merebaknya kluster sekolah. Pada akhir Maret ternyata Covid-19 menjangkit 56 siswa dan guru di SMA Titian Teras, Kabupaten Muaro Jambi.

Pembelajaran tatap muka yang baru berjalan dua pekan di sekolah itu pun langsung dihentikan dan saat ini masih menerapkan belajar daring.

Tak lama berselang, 30 orang di SMK Pertanian Kabupaten Batanghari juga positif Covid-19. Ditambah, yang terbaru pada pekan ini, ada 51 siswa di Madrasah Aliyah Negeri Cendekia Kabupaten Muaro Jambi terkonfirmasi positif.

Hingga Sabtu, jelas Johansyah, masih dilakukan uji usap masif pada seluruh siswa dan tenaga pengajar di MAN Cendekia. Yang tidak terinfeksi virus korona baru langsung dipisahkan tempat tinggal. Gedung asrama siswa kini terbagi dua untuk yang positif dan yang negatif.

”Supaya tidak berlanjut penularan virusnya,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mengeluarkan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi agar menghentikan sementara PTM SMA. Gugus tugas juga menyerukan kepada semua pemerintah kabupaten dan kota di Jambi agar memberlakukan pembelajaran daring bagi SD dan SMP.

Dengan kondisi tersebut, untuk pertama kalinya, beberapa daerah di Jambi masuk dalam status zona merah Covid-19, seperti Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, dan Kabupaten Kerinci.

Kasus harian meningkat dua kali lipat dari sebelumnya yang sempat melandai. Jumlah pasien terkonfirmasi bertambah 92 orang pada Kamis dan 74 orang pada Jumat.

Dengan demikian, total kasus 7.670 orang, dengan angka kematian 114 orang.

Adapun sampai saat ini, proses vaksinasi masih terus menyasar lebih luas kepada tenaga pengajar di Jambi.

Baca Juga: Angka Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Palu Tunda Kegiatan Sekolah Tatap Muka

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.