Kompas TV regional peristiwa

Tambang Ilegal di Berau Tuai Aksi Penolakan Warga dan Pemuda Peduli Lingkungan

Jumat, 7 Mei 2021 | 22:33 WIB
tambang-ilegal-di-berau-tuai-aksi-penolakan-warga-dan-pemuda-peduli-lingkungan
Sejumlah warga melakukan aksi demonstrasi di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau untuk menindaklanjuti dugaan tambang ilegal di Kabupaten Berau, Kamis (6/5/21)  (Sumber: Tribun Kaltim)

BERAU, KOMPAS.TV - Maraknya aksi penambangan ilegal di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menuai reaksi penolakan dari warga dan juga pemuda peduli lingkungan. Penolakan dilakukan dengan menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (6/5/2021).

Menanggapi aksi tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Sujadi, mengungkapkan pihaknya mendukung apa yang dilakukan Aliansi Masyarakat dan Pemuda Peduli Lingkungan yang mengajukan protes.

“Pada dasarnya kami akan support mereka, kami juga meminta masukan-masukan dari mereka. Kami terima laporan dari aduan masyarakat itu. Baik itu penambangan yang legal maupun ilegal,” papar Sujadi.

Baca Juga: 9 Tambang Ilegal di Berau Segera Mendapatkan Penanganan Hukum

Jika ada kegiatan yang menurut masyarakat ilegal, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat hukum. Sujadi memastikan pihaknya tentu tidak bisa menindak serta merta aktivitas ilegal itu.

“Penambang illegal itu tindak pidana, karena tidak ada izin dan segala macam. Karena itu tindak pidana, makanya harus polisi atau aparat keamanan langsung,” tutur dia.

Sebelumnya, Sujadi mengaku telah menerima laporan dari salah satu perusahaan yang konsesinya dirambah oleh aktivitas penambangan liar tanpa izin.

Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:36
PRESIDEN BARCELONA JOAN LAPORTA: LIONEL MESSI DIPASTIKAN BERTAHAN DI BARCELONA MUSIM DEPAN    TAJ MAHAL INDIA KEMBALI DIBUKA DENGAN PENERAPAN PROKES KETAT, PENGUNJUNG DIBATASI HANYA 650 ORANG   HASIL UJI COBA FASE AKHIR VAKSIN COVID-19 BUATAN BIOTEKNOLOGI JERMAN, CUREVAC, HANYA EFEKTIF 47%   QATAR IZINKAN 80% PEGAWAI SEKTOR PUBLIK DAN SWASTA KEMBALI BEKERJA DI KANTOR MULAI 18 JUNI 2021   JUMLAH PASIEN POSITIF COVID-19 DARI KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 52 ORANG   AS KEMBALI MEMBELI LEBIH DARI 200 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 BUATAN MODERNA   BPBD MALUKU TENGAH: 7.227 WARGA MENGUNGSI AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   GUBERNUR JABAR AKAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR DI RS HINGGA 40% JIKA PENYEBARAN COVID-19 MAKIN MEMBURUK   KOTA BOGOR KEMBALI BERLAKUKAN SISTEM GANJIL-GENAP AKHIR PEKAN INI GUNA TEKAN LAJU PENYEBARAN COVID-19   KADIN INDONESIA PASTIKAN TENAGA KERJA ASING BISA MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 GOTONG ROYONG   KEMENKOMINFO: TENGGAT PELUNASAN TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA HINGGA 31 JULI 2021   TOTAL TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA PER 1 JUNI 2021 SEBESAR RP 442 M   PEMERINTAH TUNGGU PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA LUNASI TUNGGAKAN TAGIHAN BHP FREKUENSI RADIO   MENDIKBUD-RISTEK NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS STOP JIKA ADA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO