Kompas TV regional berita daerah

Iwak Buyuk Olahan Khas Lampung dari Fermentasi Ikan Seluang

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 14:18 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Olahan ikan seluang dan nasi yang difermentasi selama 3 hari inilah yang dikenal sebagai iwak buyuk, masakan khas masyarakat Lampung.

Baca Juga: Cantiknya Kain Ecoprint yang Dibuat dari Bahan Alami

Rosita, seorang ibu rumah tangga di Natar, Lampung Selatan, Lampung, menjadi salah satu warga yang masih rutin membuat iwak buyuk.

Baginya tak rumit karena sudah terbiasa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti, ikan seluang yang telah selesai difermentasi, bumbu seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih serta rempah-rempah daun salam, sereh, laos.

Semua bahan ditumis selama 15 menit hingga kering, langkah terkahir tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera. Ikan seluang yang telah masak, semakin nikmat disantap bersama nasi panas.

Rosita juga membuat jus kemangi yang dibuat dari campuran daun kemangi, gula atau madu, jeruk nipis, sebagai pelengkap hidangan.

Semua menu tak hanya dikonsumsi sendiri, Rosita juga menerima pesanan melalui media sosial. Baginya mempertahankan makanan khas, menjadikan usaha miliknya berbeda pelaku usaha makanan lainnya.

#KulinerLampung #MakananKhasLampung #KulinerUnik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x