Kompas TV regional berita daerah

Cantiknya Kain Ecoprint yang Dibuat dari Bahan Alami

Rabu, 5 Mei 2021 | 13:37 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kain motif dengan teknik ecoprint semakin digemari. Sebagian peminatnya mengkreasikan kain ecoprint dalam bentuk hijab dan pakaian.

Keberadaan pegiat ecoprint semakin menjamur, salah satunya adalah Anggraeni Kumalasari sekaligus pemilik galeri ecoprint Natural Dye Kahut Sigerbori di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung.

Baca Juga: Desainer Didiet Maulana Kagumi Karya Perajin Batik Lampung

Usaha ini dimulai sejak 2018 silam, Anggraeni menggeluti dan belajar bagaimana menghasilkan motif yang cantik dari teknik ecoprint.

Ecoprint merupakan teknik mencetak motif dan warna kain dari bahan-bahan alami seperti daun, bunga, batang hingga ranting pohon, demi menghasilkan corak dan warna yang unik.

Semula kain katun warna dasar dibentangkan, letakan daun jenis lanang, jati, atau jenis lainnya, tutup kembali dengan kain yang telah direndam pewarna alami yang berasal dari batang, dan akar tumbuhan.

Proses pencetakan masih dilakukan secara manual dengan mengepuk tiap daun, dilakukan secara berulang hingga muncul motifnya. Selanjutnya sampai pada tahap pengikatan dan perebusan sebelum masuk tahap pengeringan.

Pengerjaan kain motif ecoprint di galeri milik Anggraeni memberdayakan warga sekitar sehingga mampu membuat 30 lembar kain dengan omzet hingga jutaan rupiah. Peminatnya tak hanya warga Lampung, namun juga datangdari luar daerah.

#Ecoprint #KainEcoprint #UMKM #KainMotif

Penulis : Kompastv Lampung





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:41
AS ROMA TUNJUK JOSE MOURINHO SEBAGAI PELATIH DENGAN DURASI KONTRAK 3 TAHUN   CABANG OLAHRAGA SENAM INDONESIA PASTIKAN SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   JELANG LARANGAN MUDIK, KETUA DPR PUAN MAHARANI TINJAU TERMINAL DAN STASIUN KA DI CIREBON   PEMERINTAH KOTA TANGSEL AKAN TETAP LAYANI WARGA YANG BUTUH SIKM JIKA DIPERLUKAN   PEMKOT TANGERANG SELATAN TIDAK BERLAKUKAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SELAMA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: POTENSI PENULARAN COVID-19 MASIH TETAP TERJADI APABILA WARGA NEKAT MUDIK   ICW: BELUM ADA SISTEM PERTANGGUNGJAWABAN YANG JELAS ATAS KECELAKAAN KRI NANGGALA-402   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERJALANAN LOGISTIK TETAP DIPERBOLEHKAN SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MENGAJAK WARGA ALOR, NTT UNTUK BANGKIT SETELAH TERDAMPAK BADAI SIKLON TROPIS SEROJA   PEMERINTAH BERIKAN SANTUNAN KEMATIAN TERHADAP PNS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT BERTUGAS ATAU TERKENA COVID-19   PEMERINTAH WASPADAI 18 JUTA ORANG YANG BERNIAT MUDIK MESKI ADA LARANGAN   HORMATI PUTUSAN MK, DEWAN PENGAWAS KPK TAK LAGI TERBITKAN IZIN PENYADAPAN, PENGGELEDAHAN, DAN PENYITAAN   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TEGASKAN KEMENPAN RB DAN BKN TAK TERLIBAT BUAT SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN PEGAWAI KPK   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI SARANKAN BKN BUKA HASIL NILAI PEGAWAI KPK YANG IKUT TES WAWASAN KEBANGSAAN