Kompas TV regional berita daerah

Cantiknya Kain Ecoprint yang Dibuat dari Bahan Alami

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 13:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kain motif dengan teknik ecoprint semakin digemari. Sebagian peminatnya mengkreasikan kain ecoprint dalam bentuk hijab dan pakaian.

Keberadaan pegiat ecoprint semakin menjamur, salah satunya adalah Anggraeni Kumalasari sekaligus pemilik galeri ecoprint Natural Dye Kahut Sigerbori di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung.

Baca Juga: Desainer Didiet Maulana Kagumi Karya Perajin Batik Lampung

Usaha ini dimulai sejak 2018 silam, Anggraeni menggeluti dan belajar bagaimana menghasilkan motif yang cantik dari teknik ecoprint.

Ecoprint merupakan teknik mencetak motif dan warna kain dari bahan-bahan alami seperti daun, bunga, batang hingga ranting pohon, demi menghasilkan corak dan warna yang unik.

Semula kain katun warna dasar dibentangkan, letakan daun jenis lanang, jati, atau jenis lainnya, tutup kembali dengan kain yang telah direndam pewarna alami yang berasal dari batang, dan akar tumbuhan.

Proses pencetakan masih dilakukan secara manual dengan mengepuk tiap daun, dilakukan secara berulang hingga muncul motifnya. Selanjutnya sampai pada tahap pengikatan dan perebusan sebelum masuk tahap pengeringan.

Pengerjaan kain motif ecoprint di galeri milik Anggraeni memberdayakan warga sekitar sehingga mampu membuat 30 lembar kain dengan omzet hingga jutaan rupiah. Peminatnya tak hanya warga Lampung, namun juga datangdari luar daerah.

#Ecoprint #KainEcoprint #UMKM #KainMotif



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x