Kompas TV internasional kompas dunia

Ulat Hong Kong Kini Resmi Jadi Menu Baru Kudapan Sehat di Eropa

Rabu, 5 Mei 2021 | 05:28 WIB
ulat-hong-kong-kini-resmi-jadi-menu-baru-kudapan-sehat-di-eropa
Pemilik truk makanan Microbar, Bart Smit memamerkan setoples ulat Hong Kong dalam festival truk makanan di Antwerp, Belgia pada 21 September 2014. (Sumber: AP Photo/Virginia Mayo, File)

BRUSSEL, KOMPAS.TV – Ulat Hong Kong kering diprediksi akan segera memenuhi rak-rak bagian kudapan di supermarket dan restoran di seluruh Eropa.

Melansir The Associated Press, Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara pada Selasa (4/5/2021) telah memberi lampu hijau pada proposal yang mengajukan larva kumbang Tenebrio molitor itu ke pasaran sebagai “makanan baru”.

Baca Juga: Uni Eropa: Sah! Ulat Hong Kong Aman Dimakan Orang Eropa

Langkah itu diambil Badan Keselamatan Makanan Uni Eropa menerbitkan pendapat ilmiah tahun ini yang menyimpulkan bahwa ulat Hong Kong, atau yellow mealworm, aman dimakan manusia.

Para peneliti menyebut, ulat tersebut, baik dimakan utuh maupun dalam bentuk bubuk, merupakan kudapan kaya protein dan bisa menjadi campuran makanan lain.

Baca Juga: Australia Rilis Rencana Kembangkan Industri Serangga yang Dapat Dimakan

Dalam foto file 18 Februari 2015 ini, ulat Hong Kong disortir sebelum dimasak di San Francisco, Amerika Serikat. Badan keamanan makanan Eropa mengatakan cacing aman untuk dimakan. (Sumber: AP Photo/Ben Margot)

Reaksi alergi, kata pendapat ilmiah tersebut, bisa terjadi pada orang yang telah memiliki alergi terhadap krustasea atau udang-udangan dan tungau debu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:31
KEPALA SMPN 1 SEMAU SELATAN, KUPANG, DILAPORKAN KE POLISI ATAS DUGAAN PENGGELAPAN DANA BEASISWA INDONESIA PINTAR   PEMPROV JATIM GANDENG UNAIR DETEKSI DAN PEMETAAN MUTASI VARIAN BARU COVID-19 DI JAWA TIMUR    POLDA SUMSEL KERAHKAN 600 PERSONEL AWASI KENDARAAN YANG MELINTAS DI 33 POSKO PENYEKATAN   MULAI BESOK, JASA MARGA LAKUKAN PENYEKATAN DI KM 31 TAMBUN TOL JAPEK   POLDA METRO JAYA MINTA PEMPROV DKI TUTUP TEMPAT WISATA DI JAKARTA SAAT LIBUR LEBARAN   MUI INGATKAN PENGURUS MASJID DAN JEMAAH WAJIB MENGGUNAKAN MASKER SAAT BERIBADAH    EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY AUSTRALIA DICKY BUDIMAN SEBUT MUDIK JARAK DEKAT JUGA BERISIKO SEBARKAN COVID-19   KEMENHUB: BUS DENGAN STIKER KHUSUS BUKAN MELAYANI PEMUDIK   KEMENHUB BERI PENGECUALIAN BAGI BUS YANG TETAP BEROPERASI PADA MASA LARANGAN MUDIK DENGAN BERI STIKER KHUSUS   PT KAI: KERETA JARAK JAUH HANYA UNTUK PERJALANAN MENDESAK ATAU UNTUK KEPENTINGAN NONMUDIK   SATGAS COVID-19: MOBILITAS PENDUDUK KE PUSAT PERBELANJAAN NAIK DI 6 PROVINSI DALAM 3 PEKAN TERAKHIR    ANTISIPASI COVID-19, SURAT EDARAN PEMKOT SURABAYA: MAL HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI KAPASITAS   SURAT EDARAN MENDAGRI: ASN DAN PEJABAT DILARANG GELAR "OPEN HOUSE" ATAU HALAL BIHALAL SAAAT IDUL FITRI    KEMENPAN DAN RB SERTA BKN TIDAK TERLIBAT DALAM PROSES TES WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP 1.349 PEGAWAI KPK