Kompas TV bisnis ukm

Survei KIC: 82 Persen UMKM Pilih Shopee

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:19 WIB
survei-kic-82-persen-umkm-pilih-shopee
Ilustrasi belanja online di marketplace. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Shopee berhasil menempati posisi pertama platform penyumbang omzet terbesar yang membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertahan selama pandemi.

Rilis survei Katadata Insight Center (KIC) berjudul "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM" juga menyebutkan Shopee sebagai platform pilihan UMKM yang unggul dari sisi program promo hingga faktor keamanan transaksi.

Dalam survey tersebut, sebanyak 57 persen UMKM menjawab Shopee sebagai platform yang mendatangkan omzet atau nilai penjualan paling besar.

Di peringkat kedua ada Tokopedia dengan 28 persen, Lazada 6 persen, Bukalapak 3 persen, Blibli 2 persen, dan 3 persen dari marketplace lainnya.

Manajer Survei KIC Vivi Zabkie mengatakan, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi omzet di bisnis offline dan membuat pelaku usaha beralih membuka usaha online.

“Beberapa pelaku usaha bahkan menutup usaha offline, beralih ke online atau setidaknya memadukan penjualan offline dengan online,” kata Vivi dalam siaran resmi yang diterima KompasTV, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Pelatihan Membatik Bagi Pelaku UMKM Yang Terdampak Pandemi

Penulis : Elva Rini





BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Naif – Posesif

Jumat, 7 Mei 2021 | 18:20 WIB
Inspirasi Musik

Kahitna – Andai Dia Tahu

Jumat, 7 Mei 2021 | 18:03 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:33
BWF DAN ASOSIASI BULU TANGKIS MALAYSIA (BAM) RESMI TUNDA MALAYSIA OPEN 2021 KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   DINKES KOTA MALANG SIAPKAN RIBUAN TES ANTIGEN UNTUK ANTISIPASI PEMUDIK   SATGAS PASTIKAN SEMUA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) POSITIF COVID-19 DIEVAKUASI KE RSKI   SATGAS COVID-19: VAKSINASI DOSIS KEDUA TELAH DIBERIKAN KEPADA 8.456.259 ORANG   KASUBDIT DIRJEN P2P KEMENKES BENGET SARAGIH: DUA DARI 85 WNA DARI TIONGKOK YANG MASUK INDONESIA POSITIF COVID-19   POLDA BANTEN GAGALKAN RENCANA PENYELUNDUPAN 34.992 BENIH LOBSTER   WALI KOTA BOGOR AKUI SULIT BEDAKAN MANA PEMUDIK DAN NON-PEMUDIK   WALI KOTA TANGERANG: MINTA WARGA UNTUK LAPOR APABILA OKNUM YANG PUNGUT BIAYA SAAT PEMBUATAN SIKM   SEKDA DKI: SURAT IZIN KETERANGAN MASUK JAKARTA DITERBITKAN PALING LAMA 3 JAM SETELAH DIAJUKAN PEMOHON   KOMNAS HAM MINTA PEMERINTAH PUSAT UNTUK SELESAIKAN KASUS INTOLERANSI JEMAAT GKI YASMIN   KEMENKOMINFO PASTIKAN LAYANAN INTERNET BAGUS SAAT LEBARAN   KEPALA SEKRETARIAT PRESIDEN: PRESIDEN JOKOWI DAN IBU NEGARA IRIANA TIDAK AKAN MUDIK KE KAMPUNG HALAMAN SAAT LEBARAN   PEMERINTAH DAERAH DIHARAPKAN GANDENG UMKM DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA   KAKORLANTAS TEGASKAN PENYEKATAN DI KM 31 TOL CIKAMPEK TIDAK UNTUK HALAU PEKERJA