Kompas TV regional berita daerah

Pelatihan Membatik Bagi Pelaku UMKM Yang Terdampak Pandemi

Kompas.tv - 29 April 2021, 17:46 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sebuah komunitas batik di Kabupaten Kediri menggelar pelatihan membatik bagi puluhan pelaku UMKM yang gulung tikar akibat pandemi. Hal itu dilakukan demi memberi peluang usaha baru, sehingga perekonomian UMKM dapat kembali bangkit.

Dengan serius puluhan ibu-ibu dari sejumlah wilayah Kabupaten Kediri ini, mengikuti pelatihan membatik, yang diadakan oleh Komunitas Batik Joyoboyo. Para ibu ini merupakan pelaku UMKM yang usahanya telah bangkrut akibat pandemi corona.

Berangkat dari situlah, Komunitas Batik Joyoboyo kemudian mengajak 30 UMKM yang bangkrut untuk mengikuti pelatihan membatik. Harapannya, para pelaku UMKM tersebut dapat bangkit serta kembali mampu mendapatkan penghasilan dari usaha lain yakni batik.

Pelatihan ini digelar selama 10 hari dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain diajari teknik membatik, kain batik karya dari para peserta juga akan ditampung dan dipasarkan.

Sementara itu, pelatihan batik ini juga disambut antusias oleh para pelaku UMKM yang telah bangkrut. Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini mereka kembali bisa membuka peluang untuk mendirikan usaha baru.

Diharapkan dengan adanya pelatihan membatik ini para pelaku UMKM dapat kembali bangkit meski masih dalam situasi pandemi.

#Kediri #Batik #UMKM #Ekonomi #Covid19 #BeritaKediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.