Kompas TV nasional politik

Survei Indikator Elektabilitas Bursa Calon Presiden: Ganjar Tertinggi, Disusul Anies, lalu Prabowo

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:36 WIB
survei-indikator-elektabilitas-bursa-calon-presiden-ganjar-tertinggi-disusul-anies-lalu-prabowo
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei nasional yang dilaksanakan pada 13 - 17 April 2021 oleh Indikator Politik Indonesia mununjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling tinggi pada burca calon presiden mendatang, yakni sebesar 15,7 persen. 

"Setelah Ganjar disusul dengan Anies Baswedan (14,6 persen), dan Prabowo Subianto (11,1 persen)," jelas Burhanuddin Muhtadi selaku Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia pada rilis hasil survei yang dilangsungkan secara daring, Selasa (4/5/2021). 

Setelah ketiga nama tersebut ada beberapa nama lain seperti Ridwan Kamil (10 persen), Sandiaga Uno (8,1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (6,4 persen), Puan Maharani (2,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (2,8 persen), Airlangga Hartanto (1 persen). 

Selanjutnya ada Gatot Nurmantyo, M. Mahfud MD, Erick Thohir, Tito Karnavian, Ma'ruf Amin, Bambang Soesatyo, dan Muhaimin Iskandar yang masing-masing memperoleh angka di bawah satu persen. 

"Ini masih sangat terbuka untuk 3 tahun ke depan, karena yang berada di peringkat 5 besar sekalipun jumlah suaranya tidak dominan, setiap orang perlu bekerja sebaik mungkin dengan amanah masing-masing yang disandang," kata Burhanuddin. 

Tren elektabilitas calon sendiri cenderung stabil dengan nama Prabowo Subianto yang menempati posisi pertama pada kedikenalan tokoh yakni sebesar 96 persen. 

Disusul oleh Sandiaga Uno (83 persen), Anies Baswedan (81 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (66 persen), Ridwan Kamil (62 persen), Puan Maharani (61 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Mahfud MD (49 persen), Khofifah I. P. (48 persen), Erick Thohir (42 persen), Moeldoko (30 persen) dan Airlangga Hartanto (26 persen). 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:54
BPBD BELUM TERIMA LAPORAN KERUSAKAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,7 DI NIAS BARAT   GEMPA BERMAGNITUDO 6,7 YANG MENGGUNCANG NIAS BARAT TERASA HINGGA PADANG DAN MENTAWAI, SUMATERA BARAT   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,7 YANG MENGGUNCANG NIAS BARAT TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   BMKG MENGOREKSI KEKUATAN GEMPA BUMI YANG MENGGUNCANG NIAS BARAT DARI MAGNITUDO 7,2 MENJADI MAGNITUDO 6,7   WALI KOTA PONTIANAK INGIN BANGUN MASJID TERAPUNG DI ATAS TEPIAN SUNGAI KAPUAS AGAR JADI "LANDMARK" KOTA   SELURUH LAYANAN KESEHATAN RS POLRI AKAN KEMBALI NORMAL PADA SENIN, 17 MEI 2021   PENGELOLA RS POLRI ALIHKAN SELURUH LAYANAN KESEHATAN KE IGD SELAMA LIBUR LEBARAN HINGGA 16 MEI 2021   PT KCI TAMBAH 6 JADWAL PERJALANAN KRL UNTUK ANTISIPASI PENUMPUKAN PENUMPANG DI DALAM KERETA SELAMA LIBUR LEBARAN   MENHUB MINTA PT KCI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT DI DALAM KERETA   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PREDIKSI JUMLAH PENUMPANG KRL AKAN NAIK 400.000 ORANG DALAM SEHARI PADA AKHIR PEKAN INI   LAPTOP, KOMPUTER, DAN PONSEL MILIK SMA N 12 BEKASI RAIB DIAMBIL MALING SAAT MALAM TAKBIRAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN PERBOLEHKAN WARGA BERZIARAH DI TPU MULAI SENIN, 17 MEI 2021   PINTU UTAMA DAN TIMUR ANCOL DITUTUP SEMENTARA KARENA JUMLAH PENGUNJUNG SUDAH MEMENUHI KAPASITAS YANG DIIZINKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MELARANG WARGA DENGAN KTP LUAR JAKARTA MASUK TEMPAT WISATA HINGGA 16 MEI 2021