Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Planet Venus, Si Bintang Kejora Kembaran Bumi

Selasa, 4 Mei 2021 | 15:30 WIB

KOMPAS.TV - Di antara planet-planet lainnya di tata surya, Bumi merupakan planet yang dapat dihuni manusia.

Namun ternyata, ada satu planet lain di tata surya yang disebut sebagai kembaran Bumi, yaitu planet Venus.

Planet Venus adalah benda kedua paling terang yang ada di langit malam, setelah bulan. Sehingga untuk melihat planet venus tidak perlu bantuan teleskop.

Planet ini dikenal juga dengan sebutan bintang kejora, bintang fajar, atau bintang senja.

Disebut bintang kejora karena planet Venus terlihat paling terang dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya.

Nama Venus sendiri diambil dari Dewi Cinta dalam mitologi Yunani. Planet Venus termasuk kategori planet dalam, bersama dengan Bumi dan Merkurius.

Venus memiliki ukuran, massa, materi, dan kepadatan yang hampir sama dengan Bumi.

Diameter planet Venus sekitar 7.521 mil atau 12.104 kilometer.

Planet Venus memiliki selubung batuan keras yang mirip seperti tanah di bumi.

Hal yang membedakan dengan Bumi adalah planet Venus memiliki atmosfer berupa awan tebal yang panas dan beracun.

Suhu permukaan rata-rata di Venus mencapai 867 derajat Fahrenheit atau 464 derajat Celsius.

Sebagian besar planet tersebut terdiri dari daratan yang bergelombang. Ada juga beberapa daerahnya dengan dataran rendah dan dua dataran tinggi disebut Ishtar Terra (seluas Australia) dan Aphrodite Terra (seluas Amerika Selatan).(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:02
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP PESANTREN JADI PUSAT PENDIDIKAN KEAGAMAAN, DAKWAH, DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT   PEMKOT BANDUNG OPTIMISTIS VAKSINASI COVID-19 DOSIS PERTAMA KEPADA GURU TUNTAS AWAL JUNI 2021   KETUA DPD PASTIKAN KAWAL PROGRAM KOMUNITAS PENYEDIA TENAGA KERJA INTERNASIONAL (KAPTEN) INDONESIA    PEMKOT KEDIRI, JAWA TIMUR, FASILITASI PELAKU UMKM TEMBUS PASAR EKSPOR   PLN SIAPKAN 82 TITIK STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK UMUM DI BANGKA BELITUNG    KEMENPAREKRAF AJAK UMKM AKSES PEMBIAYAAN LEWAT PASAR MODAL   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA SEMUA PIHAK KERJA SAMA BANGUN KESADARAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN    MENKOP UKM TETEN MASDUKI DORONG PEMDA KEMBANGKAN RUMAH PRODUKSI BERSAMA BAGI UMKM   PEMPROV DKI JAKARTA BENTUK SATGAS TINGKAT RT UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19 SEUSAI LEBARAN    KETUA DPR MINTA KEPALA DAERAH BERSIKAP TERBUKA MENGENAI STATUS COVID-19 DI WILAYAHNYA    BPOM: MANFAAT PEMBERIAN VAKSIN HARUS LEBIH BESAR DARIPADA RISIKO   MASA OPERASI SATGAS NEMANGKAWI DI PAPUA DIPERPANJANG SELAMA ENAM BULAN, BERLAKU MULAI 1 JUNI 2021   ICJR: MENIKAHKAN KORBAN DENGAN PELAKU KEKERASAN SEKSUAL TAK SEJALAN DENGAN PRINSIP PERLINDUNGAN ANAK    DIREKTUR EKSEKUTIF ICJR ERASMUS NAPITUPULU: HUKUMAN MATI TIDAK AKAN CIPTAKAN EFEK JERA JANGKA PANJANG