Kompas TV religi beranda islami

Jangan Tinggalkan Dzikir Pagi & Petang

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 06:28 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Dzikir sungguh memberikan banyak manfaat, di antaranya adalah melindungi marabahaya dari arah manapun. Tapi mengapa, kadang timbul pertanyaan, “Saya sudah dzikir, namun tidak ada efeknya?” Maka jawabannya ialah dzikir Anda tidak dibarengi dengan penghayatan terhadap makna-makna dzikir yang dilafadzkan.

Contohnya; Barangsiapa membaca ayat Kursi ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Sebaliknya, barangsiapa yang membacanya ketika pagi maka ia dilindungi hingga petang. 

Dalil-dalil dari al-Qur-an tentang Dzikir Pagi dan Petang.

  . 

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [Al-Ahzab/33: 41-42].

Seorang ahli bahasa Arab, Al-Jauhari mengatakan,

( ) artinya, waktu antara ‘Ashar sampai Maghrib.

 

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Rabb-mu pada waktu petang dan pagi.” [Al-Mu’min/40: 55]

( ) artinya, awal siang hari, sedangkan ( ) artinya, akhir siang hari. Allah     berfirman,

 

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Rabb-mu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).” [Qaaf/50: 39].
 


Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x