Kompas TV regional berita daerah

Pameran UMKM Karya Penyandang Disabilitas

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 18:59 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG-KOMPAS.TV-Di tengah pandemi covid-19 yang belum juga berakhir, usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terdampak.

Mencoba bangkit dari keterpurukan, UMKM disabilitas menggelar pameran karya untuk mengenalkan produk mereka ke masyarakat.

Pameran karya UMKM penyandang disabilitas ini digelar di halaman gedung DPRD Kota Malang, Minggu (02/05/2021).

Beragam produk dipamerkan, mulai dari produk makanan olahan hingga kerajinan tangan.

Pameran produk yang digelar oleh yayasan Warung Inklusi ini bertujuan untuk mengenalkan produk unggulan dari UMKM penyandang disabilitas yang ada di Kota Malang.

Melalui pameran ini mereka juga ingin menunjukkan bahwa penyandang disabilitas juga mampu menghasilkan karya dan produk unggulan.

"Kita memberikan pelatihan, pembinaannya setelah pelatihan terus kita mencari kesulitannya" kata Ketua panitia, Afifah Setyani.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Muhammad Sailendra menjelaskan, selain memberi dukungan Pemkot juga akan memfasilitasi yang dibutuhkan untuk kemajuan UMKM disabilitas.

"Buat kami Pemkot Malang,  ternyata UMKM itu  yang dilakukan dan kelompoknya seperti disabilitas , kami yang membidangi ini kami akan koordinasi kita fasilitasi hal hal apa yang mereka butuhkan" kata Sailendra.

Di tengah pandemi covid seperti ini, UMKM penyandang disabilitas mengakui bahwa serapan produknya di pasar sangat melemah.

Untuk itulah dengan menggelar pameran dan kerjasama dengan Dinas terkait, pelaku UMKM berharap produk bisa diserap pasar dengan baik. 

#pameranumkm #penyandangdisabilitas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x