Kompas TV nasional viral

5 Berita Hoaks yang Sempat Menggemparkan Indonesia

Senin, 3 Mei 2021 | 16:14 WIB
5-berita-hoaks-yang-sempat-menggemparkan-indonesia
Ilustrasi penculikan hoax (Sumber: Thinkstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Belakangan masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berita babi ngepet yang ternyata tipuan belaka atau hoaks. Berita hoaks tersebut, tentu bukan pertama kalinya. Diantara banyaknya hoaks yang beredar di Indonesia, berikut 5 berita yang dinilai menggemparkan.

1. Babi ngepet

Berita hoaks terbaru tahun 2021 yang terkuak belakangan ini. Berita tentang babi ngepet ini berawal dari AI yang disebut jadi salah satu tokoh masyarakat menyebarkan rumor adanya babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok. Rumor dan rekayasa isu babi ngepet ini ia lakukan dengan alasan perlu mencarikan solusi bagi warga yang mengeluh kehilangan uang Rp 1 juta - Rp 2 juta.

Serangkaian rekayasa untuk mendukung cerita babi ngepet pun ia siapkan. Mulai dari babi yang dibeli seharga Rp 900.000 di toko online, kemudian rekayasa cerita menangkap babi yang harus telanjang, hingga fakta palsu bahwa ukuran babinya mengecil. Pada akhirnya, rekayasa yang ia buat terbongkar dan AI terancam kurungan 10 tahun penjara.

2. Hoaks Ratna Sarumpaet

Berawal dari informasi penganiayaan yang dilamai Ratna Sarumpaet viral di media sosial khususnya di akun Facebook Swary Utami Dewi tahun 2018 lalu. Kemudian menyebar ke twitter dan mendapat tanggapan dari tokoh politik yang membenarkan kejadian penganiayaan tersebut.

Namun, semakin heboh kasus tersebut akhirnya kepolisian yang menyelidiki dan mendapati bahwa informasi tersebut hoaks belaka. Wajah bengkak dan memar pada Ratna Sarumpaet ternyata efek dari operasi bukan karena penganiayaan.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:16
JELANG LARANGAN MUDIK, JASA MARGA CATAT KENDARAAN KE LUAR JAKARTA TURUN 10 PERSEN   DPR MINTA PRESIDEN JOKOWI UNTUK TUTUP SEJUMLAH TEMPAT WISATA SAAT LARANGAN MUDIK LEBARAN   BADAN PUSAT STATISTIK (BPS): KUNJUNGAN TURIS ASING NAIK 14,54 PERSEN PADA MARET 2021   BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) SEBUT INFLASI APRIL 2021 SEBESAR 0,13 PERSEN   PEMERINTAH PUTUSKAN PERPANJANG PPKM SKALA MIKRO HINGGA 17 MEI 2021 DI 30 PROVINSI   KEMENHUB TEGASKAN BUS BERSTIKER KHUSUS HANYA UNTUK ANGKUT PENUMPANG DENGAN KEBUTUHAN MENDESAK SELAIN MUDIK   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VARIAN BARU VIRUS KORONA INDIA DAN AFRIKA SUDAH MASUK INDONESIA   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: ANGGARAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SUDAH TEREALISASI RP 155,6 TRILIUN   MENKO PEREKONOMIAN: VAKSIN GOTONG ROYONG AKAN DIPRIORITASKAN BERDASARKAN ZONASI RISIKO PENULARAN COVID-19   WAPRES: PERWUJUDAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL MASIH MENJADI PEKERJAAN RUMAH BAGI PEMERINTAH DAN INSTANSI TERKAIT   WAPRES MA’RUF AMIN: KETAHANAN PANGAN BERDAMPAK PADA KEBERLANGSUNGAN STABILITAS POLITIK DAN EKONOMI NEGARA   PT KAI CATAT SEKITAR 11.000 PENUMPANG AKAN MENINGGALKAN JAKARTA PADA HARI INI   ANTISIPASI PENUMPUKAN, DISHUB DKI LAKUKAN REKAYASA LALU LINTAS SEKITAR PASAR TANAH ABANG   STASIUN TANAH ABANG TUTUP, PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN BUS TRANSJAKARTA GRATIS MULAI PUKUL 15.00-19.00 WIB