Kompas TV regional berita daerah

Widya Robotics, Inovasi Kecerdasan Buatan Anak Bangsa

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 13:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tak hanya berdampak buruk pada sektor kesehatan, Covid-19 juga menjadi penyebab lambatnya perputaran ekonomi. Namun, di tengah banyaknya perusahaan yang terpuruk di masa pandemi saat ini, sejumlah perusahaan dengan spesifikasi khusus justru bisa bertahan, bahkan meningkatkan pendapatannya. Salah satunya widya robotics di Sleman, Yogyakarta.

Widya robotics adalah perusahaan berbasis artificial intelegence, atau teknologi kecerdasan buatan. Perusahaan ini dirintis sekelompok anak muda pada tahun 2018 lalu. Di awal usahanya, widya robotics harus berjuang meyakinkan masyarakat, bahwa produk yang mereka tawarkan adalah solusi kehidupan manusia di masa depan.

Alat pendeteksi wajah dan suhu badan yang dikembangkan widya robotics menjadi bukti solusi masa depan yang mereka tawarkan. Saat pandemi Covid-19,  peralatan ini banyak dipesan perusahaan sebagai filter orang yang masuk ke lingkungan kantor. Hasilnya alat yang terhubung dengan pintu masuk kantor ini pun ternyata efektif menangkal penyebaran Covid-19.

Selain peralatan deteksi wajah dan suhu, widya robotics juga mengembangkan beragam produk yang bisa membantu peningkatan kinerja perusahaan, sekaligus antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor, dengan cara mengurangi interaksi langsung antar manusia. Salah satunya peralatan load scaner  yang berfungsi menghitung volume matrial bak truk.

Dengan peralatan load scaner ini, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi tak perlu lagi melakukan pengamatan dan penghitungan manual isi bak truk yang memasok matrial. Pasalnya, dengan memanfaatkan teknologi kamera tiga dimensi, peralatan load scaner diklaim mampu mendeteksi jenis barang secara detail, serta akurat menghitung volume isi bak truk.

Berkat kerja keras, widya robotics kini terus berkembang. Tak hanya menyasar pasar dalam negeri, widya robitics kini merambah pasar Asia, dan berharap bisa terus berekspansi hingga Eropa. Saat perusahaan lain merugi di masa pandemi Covid-19, penghasilan perusahaan ini justru naik hingga 600 persen.

Keinginan terus berkarya dengan menghasilkan lebih banyak lagi produk berbasis kecerdasan buatan untuk solusi masa depan manusia, menjadi kunci sukses widya robotics.

#WidyaRobotics #Yogyakarta #Covid-19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x