Kompas TV video cerita indonesia

Nadiem Bongkar Cara Belajar Presiden Jokowi: Saya Tipe Pelajar yang Tak Mau Kalah

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 20:30 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo ungkap cara belajar dirinya sejak SD, SMP, SMA hingga kuliah. Ia berprinsip untuk tidak mau kalah dari orang lain.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat Siniar atau Podcast bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim saat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021 pada Minggu (2/5)

Jokowi jelaskan dirinya memang sosok yang tidak mau kalah dalam belajar.

"Sejak SD, SMP, SMA, dan universitas, memang saya tidak mau kalah. Artinya kalau saya melihat teman saya malam belajarnya 1 jam, saya belajarnya 2 jam, habis subuh misalnya teman saya belajar 30 menit, saya 1 jam," kata Jokowi

Ia menjelaskan dengan belajar dapat mewujudkan cita-citanya, Jokowi juga ceritakan ia bisa belajar dimanapun.

"Juara satu misalnya belajarnya 2 jam, saya 4 jam. Kenapa saya seperti itu, karena dengan belajar kita bisa mewujudkan cita-cita. Saya juga aktif di pecinta alam. Saya bisa belajar di mana saja, tidak hanya di kampus," ujar Jokowi

Jokowi mengaku dirinya sangat senang berkompetisi dan selalu belajar dari kesalahan.

"Saya selalu belajar dari kesalahan, kemudian tidak pernah putus asa dan saya senang kompetisi. Saya pikir itu yang membuat saya belajar mulai wirausaha dari nol sebelum jadi pejabat publik.” ujar Jokowi.

Video Editor: Noval



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x