Kompas TV video cerita indonesia

Uang 182 Triliun Menganggur, Jokowi: Segerakan yang Namanya Belanja Pemda, Segerakan!

Kompas.tv - 2 Mei 2021, 15:26 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta seluruh daerah untuk segera membelanjakan uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Oleh sebab itu saya mengajak kepada seluruh Provinsi, Kabupaten, dan kota, segerakan yang namanya belanja Pemda, belanja APBD, segerakan! Karena angka-angka yang saya lihat, yang tinggi itu baru belanja pegawai, tapi juga baru di angka 63 persen," ucap Presiden.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Daerah Se Indonesia Tahun 2021, yang disiarkan channel Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 28 April 2021.

Presiden Jokowi menegaskan, dengan adanya belanja, maka perputaran uang menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

"Padahal yang namanya perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi. Jadi transfer dari pusat ke daerah itu tidak dibelanjakan, tapi ditaruh di Bank. Ini yang menyebabkan nanti mengerem laju pertumbuhan ekonomi ya di sini," pungkasnya.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x