Kompas TV regional berita daerah

Masjid Tua Katangka, Saksi Masuknya Islam Di Sulsel

Kompas.tv - 30 April 2021, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Masjid tua katangka merupakan masjid tertua di sulawesi selatan. Masjid ini pertama kali di bangun pada tahun 1603 dan jadi salah satu saksi  masuk dan berkembangnya agama islam di sulawesi selatan .

Masjid tua katangka  hingga kini misih kokoh berdiri . Berada di jalan syekh yusuf kabupaten gowa sulawesi selatan  masjid ini jadi saksi  sejarah masuk dan berkembangnya agama islam di daerah ini .

Masjid ini jadi pusat penyebaran agama islam di bawah raja gowa ke 14 sekaligus orang pertama yang memeluk agama islam  sultan alauddin . Penyebaran agama islam pun berkembang terutama di dua kerajaan kembar kala itu  kerajaan gowa dan juga tallo .

Selain menyimpan sejarah  masjid ini pun juga sarat makna di setiap bangunannya . Sebut saja enam jendela yang diartikan enam rukun iman dan lima pintu masjid yang diartikan lima rukun islam .  

Selain masjid  makam di sekitar masjid juga menyimpan sejarah . Mereka yang di makamkan merupakan raja dan juga keturunannya . Satu kubah bangunan di isi hingga tujuh makam raja dengan simbolisasi islam .

#MASJIDTUASULSEL
#ISLAMMAKASSAR
#SYECHYUSUF



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x