Kompas TV internasional kompas dunia

Penyebaran Covid Tak Terkendali! RS di India Krisis Sumber Daya Medis

Kompas.tv - 30 April 2021, 15:43 WIB
Penulis : Natasha Ancely

INDIA, KOMPAS.TV - Penyebaran covid-19 di India semakin tidak terkendali. Jumlah kasus baru setiap hari mencetak rekor global dan rumah sakit kini sudah tidak dapat menerima pasien corona.

Kementerian Kesehatan menyebut India tengah berada di gelombang kedua virus corona dengan jumlah kasus baru setiap hari mencapai lebih dari 379 ribu.

Di New Delhi, warga menyesalkan tidak ada persiapan pelayanan kesehatan untuk mencegah krisis.

Kurangnya sumber daya medis termasuk tempat tidur, tabung oksigen, dan ventilator. Rumah sakit penuh dan ada daftar tunggu untuk mendapatkan tempat tidur di rumah sakit.

Yayasan Kesehatan Masyarakat India mengatakan, pemerintah tidak siap menghadapi gelombang kedua pandemi yang terlihat dari sistem kesehatan yang tidak memadai.

Amerika Serikat mengirimkan bantuan senilai lebih dari 100 juta dollar Amerika Serikat kepada India untuk memerangi virus corona termasuk bantuan tabung oksigen, masker, dan tes cepat covid-19.

Presiden Joe Biden sebelumnya berjanji untuk meningkatkan bantuan ke India. Melalui Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengirimkan bantuan berupa 1.000 tabung oksigen, 15 juta masker N-94, dan 1 juta tes cepat covid-19 yang telah diterbangkan ke India.

India telah melaporkan lebih dari 18,3 juta kasus corona dan berada di nomor 2 setelah Amerika Serikat.

Selain itu karena akses perawatan medis sangat terbatas, pemerintah Amerika Serikat juga menyarankan warga negaranya di India untuk meninggalkan India.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x