Kompas TV internasional kompas dunia

Penyebaran Covid Tak Terkendali! RS di India Krisis Sumber Daya Medis

Jumat, 30 April 2021 | 15:43 WIB

INDIA, KOMPAS.TV - Penyebaran covid-19 di India semakin tidak terkendali. Jumlah kasus baru setiap hari mencetak rekor global dan rumah sakit kini sudah tidak dapat menerima pasien corona.

Kementerian Kesehatan menyebut India tengah berada di gelombang kedua virus corona dengan jumlah kasus baru setiap hari mencapai lebih dari 379 ribu.

Di New Delhi, warga menyesalkan tidak ada persiapan pelayanan kesehatan untuk mencegah krisis.

Kurangnya sumber daya medis termasuk tempat tidur, tabung oksigen, dan ventilator. Rumah sakit penuh dan ada daftar tunggu untuk mendapatkan tempat tidur di rumah sakit.

Yayasan Kesehatan Masyarakat India mengatakan, pemerintah tidak siap menghadapi gelombang kedua pandemi yang terlihat dari sistem kesehatan yang tidak memadai.

Amerika Serikat mengirimkan bantuan senilai lebih dari 100 juta dollar Amerika Serikat kepada India untuk memerangi virus corona termasuk bantuan tabung oksigen, masker, dan tes cepat covid-19.

Presiden Joe Biden sebelumnya berjanji untuk meningkatkan bantuan ke India. Melalui Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengirimkan bantuan berupa 1.000 tabung oksigen, 15 juta masker N-94, dan 1 juta tes cepat covid-19 yang telah diterbangkan ke India.

India telah melaporkan lebih dari 18,3 juta kasus corona dan berada di nomor 2 setelah Amerika Serikat.

Selain itu karena akses perawatan medis sangat terbatas, pemerintah Amerika Serikat juga menyarankan warga negaranya di India untuk meninggalkan India.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:29
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138