Kompas TV video cerita indonesia

Babi Ngepet yang Viral Ternyata Palsu, Pelaku Fitnah Ditangkap Polisi

Kompas.tv - 29 April 2021, 16:35 WIB
Penulis : Laura Elvina

DEPOK, KOMPAS.TV - Kasus babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok yang viral di media sosial akhirnya terkuak. Isu babi ngepet ini ternyata palsu alias hanya rekayasa yang dilakukan oleh warga.

Polres Metro Depok pun menangkap satu pelaku berinisial AI, yang diduga merupakan otak dari penyebaran berita bohong soal babi ngepet.

"Semuanya yang sudah viral tiga hari sebelumnya adalah hoaks, itu berita bohong," kata Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar, Kamis (29/4/2021).

Imran menjelaskan, rekayasa dimulai ketika di permukiman itu, beberapa warga mengeluh uangnya hilang Rp 1 juta-Rp 2 juta. Pelaku pun berinisiatif untuk membuat isu adanya babi ngepet terkait dengan kehilangan uang warga ini.

Tersangka AI kemudian memesan secara online seekor babi dari pencinta binatang yang dibeli harganya Rp 900.000, dengan ongkos kirim Rp 200.000.

"Tujuan mereka adalah supaya lebih terkenal di kampungnya, karena ini merupakan salah satu tokohlah sebenarnya, tapi disebut tokoh juga tidak terlalu terkenal, jadi supaya dia dianggap saja," ungkap Imran. 

Video editor: Faqih

Baca Juga: Rela Bugil Demi Tangkap Babi Ngepet, Warga Kaget Lihat Ukurannya Makin Mengecil Akhirnya Disembelih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x