Kompas TV nasional sosial

Bantu Penanganan Covid-19, MCCC PP Muhammadiyah Sudah Kucurkan Dana Lebih dari Rp 300 Miliar

Kompas.tv - 29 April 2021, 14:50 WIB
bantu-penanganan-covid-19-mccc-pp-muhammadiyah-sudah-kucurkan-dana-lebih-dari-rp-300-miliar
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melakukan vaksinasi Covid-19 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (3/3/2021). (Sumber: dok PP Muhammadiyah)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah telah mengucurkan dana lebih dari Rp 300 miliar untuk penanganan Covid-19.

Jumlah penerima manfaat dari kucuran dana MCCC PP Muhammadiyah itu lebih dari 31 juta orang.

Berdasarkan laporan MCCC PP Muhammadiyah per 27 April 2021, sebanyak 85 Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) sudah menangani 17.173 orang dengan status terkonfirmasi positif Covid-19, 13.499 orang berstatus suspect dan 2.558 probable.

“Kami terus berupaya mendukung penanggulangan penyebaran Covid-19 di Indonesia, baik itu melalui upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif,” ujar Arif Jamali Muis, Wakil Ketua MCCC PP Muhammadiyah, dalam siaran pers, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: PP Muhammadiyah Gelar Vaksinasi Massal

Untuk mendukung program vaksinasi dari pemerintah, MCCC PP Muhammadiyah menggelar vaksinasi dengan dukungan dari Kementerian Kesehatan.

Vaksinasi tersebut sudah dilaksanakan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta dan Jakarta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Istora Senayan Jakarta, dan Fakultas Kedokteran Universitas Buya Hamka, Ciledung, Tangerang.

Dalam pelaksanaannya, vaksinasi tersebut melibatkan banyak pihak baik dari internal maupun eksternal Persyarikatan Muhammadiyah, meliputi warga Muhammadiyah maupun masyarakat umum yang masuk kategori tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, dan tokoh lintas agama termasuk dalam sasaran vaksinasi tersebut.

“Total ada 17.691 warga yang telah divaksin oleh MCCC PP Muhammadiyah,” ucapnya.

MCCC PP Muhammadiyah juga melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi warga lintas iman sebanyak 3.170 orang yang terbagi 2.870 di Jabodetabek dan 300 di Medan Sumatera Utara.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Cita Atas Tenggelamnya KRI Naggala 402

Terakit dukungan untuk karantina pasien Covid-19, MCCC PP Muhammadiyah melalui AUM rumah sakit dan universitas, sudah mendirikan tempat-tempat karantina mandiri.

Ada lima shelter Covid-19 yang sudah didirikan yaitu shelter pusdiklat RSI Jakarta Cempaka Putih 23 kamar, Universitas Aisyiyah Yogyakarta 37 kamar, PP Aisyiyah 21 kamar, Zaitun PKU Muhammadiyah Gamping 11 kamar, Unires Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 70 kamar, shelter Gose RS PKU Muhammadiyah Bantul 23 kamar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x