Kompas TV TALKSHOW satu meja

Apa yang Harus Dikerjakan Pemerintah untuk Peremajaan Alutsista - SATU MEJA THE FORUM (4)

Kamis, 29 April 2021 | 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Indonesia berduka. 53 patriot bangsa gugur saat menjalankan tugas, mengarungi samudera guna menjaga kedaulatan negara. Mereka terkubur bersama tenggelamnya Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala-402.

Kapal selam asal Jerman ini ditemukan dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian. Karamnya KRI Nanggala-402 menambah panjang daftar kasus kecelakaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) kita. 

Tragedi ini harus menjadi bahan evaluasi terkait kondisi alutsista TNI. Modernisasi dan peremajaan alutsista harus menjadi prioritas agar kecelakaan tak kembali terjadi.

Kemenhan berdalih, upaya modernisasi dan peremajaan alutsista terkendala anggaran. Cekaknya anggaran ini dituding menjadi salah satu pemicu pembelian alutsista bekas.

Alutsista bekas harganya memang jauh lebih murah. Namun, biaya pemeliharaan dan potensi kecelakaannya lebih tinggi.

Benarkah KRI Nanggala tenggelam karena faktor alam bukan karena tak laik dioperasikan? Jika anggaran selalu dijadikan alasan, akankah kasus serupa akan terulang? Saksikan talkshow Satu Meja The Forum bersama jurnalis senior Harian Kompas, Budiman Tanuredjo.  

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:04
SUDIN LINGKUNGAN HIDUP DKI: AKUMULASI SAMPAH DI JAKARTA NAIK SEBELUM LEBARAN 2021   BNPB: 5 KABUPATEN DI 4 PROVINSI TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI HARI PERTAMA LEBARAN   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI KELAYAKAN FUNGSI JALAN TOL SERANG-PANIMBANG PADA BULAN JUNI   KEMENDIKBUD RISTEK PASTIKAN SEKOLAH MENJADI PRIORITAS KONEKSI INTERNET   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: PELARANGAN MUDIK ADALAH KEPUTUSAN TERBAIK UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: FORKOPIMDA DKI LAKUKAN DUA LAPIS PENYEKATAN ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN INSTRUKSIKAN CAMAT DAN LURAH DI DKI JAKARTA PROAKTIF DATA WARGA YANG IKUT ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN RAPAT KOORDINASI DENGAN KAPOLDA METRO JAYA DAN PANGDAM JAYA BAHAS ARUS BALIK LEBARAN   PEMPROV SULAWESI TENGGARA TUTUP TEMPAT WISATA SELAMA LIBUR LEBARAN PADA 13-17 MEI   PEMPROV JAWA TIMUR CATAT 8.188 PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) SUDAH TIBA DI WILAYAHNYA   PENUMPANG KRL MENUMPUK DI MANGGARAI, MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KERETA COMMUTER INDONESIA TIDAK PROFESIONAL   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA SEBUT KKB DI PAPUA SERING GUNAKAN MASYARAKAT SEBAGAI TAMENG DAN KORBAN   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA: PENANGANAN KONFLIK DENGAN KKB PERLU HATI-HATI   KOMANDAN KKB LESMIN WAKER TEWAS DALAM KONTAK SENJATA DENGAN TNI-POLRI DI DISTRIK ILAGA, PUNCAK, PAPUA