Kompas TV internasional kompas dunia

Sejumlah Negara Kirim Bantuan untuk Atasi Kasus Covid 19 di India yang Terus Melonjak

Kompas.tv - 26 April 2021, 17:12 WIB
sejumlah-negara-kirim-bantuan-untuk-atasi-kasus-covid-19-di-india-yang-terus-melonjak
Foto pada 23 April 2021 menunjukkan tim medis membawa pasien setelah kebakaran di Rumah Sakit Covid-19 Vijay Vallabh di Virar, dekat Mumbai, India. Saat ini, India berjibaku melawan gelombang kedua virus corona yang begitu cepat penularannya (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Sejumlah negara mengirim bantuan ke India setelah kasus corona di negara tersebut melonjak tajam. Setidaknya ada lima negara plus Uni Eropa yang telah menyatakan akan membantu India sebagai upaya untuk menekan angka kasus Covid-19 India yang menggila.

Melansir dari Kompas.com (26/4/2021), berikut adalah daftar negara pemberi bantuan tersebut.

Petama adalah Jerman. Kanselir Jerman Angela Merkel pada Minggu pagi (25/4/2021) menyampaikan, pemerintahannya sedang mempersiapkan bantuan darurat untuk kasus corona di India.

Belum ada rincian langsung tentang apa yang akan diberikan Jerman, sebagai negara Uni Eropa dengan perekonomian terbesar.

Namun, media Der Spiegel melaporkan bahwa angkatan bersenjata Jerman telah mendapat permintaan untuk membantu mengatur pasokan oksigen.

Kedua, Uni Eropa. Tak lama setelah Jerman menyatakan rencana bantuannya, Uni Eropa juga mengumumkan hal serupa.

"Khawatir dengan situasi epidemiologi di India, kami siap membantu," tulis Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Twitter, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Menkes Ungkap 10 Orang di Indonesia Terinfeksi Mutasi Virus Covid-19 dari India

UE mengumpulkan sumber daya, lanjutnya, untuk menanggapi dengan cepat permintaan bantuan India, melalui mekanisme perlindungan sipil UE. Mekanisme tersebut memungkinkan negara-negara Uni Eropa mengkoordinasikan bantuan mereka dalam keadaan darurat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x