Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Susah Buang Air Besar Saat Puasa? Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 26 April 2021, 07:11 WIB
susah-buang-air-besar-saat-puasa-ini-penyebabnya
Ilustrasi toilet. Susah BAB saat puasa. (Sumber: Unsplash/Giorgio Trovato )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian dari kita mungkin memiliki keluhan kesulitan buang air besar (BAB) selama menjalankan ibadah puasa.

Sulit BAB saat puasa merupakan gangguan pencernaan yang mungkin kerap dikeluhkan sebagian besar orang. Pasalnya, hal ini cukup mengganggu kelancaran puasa.

Melansir Kompas.com, Senin (26/4/2021), Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr H Hardinsyah MS, dalam buku Puasa Sambil Detoks menyebutkan bahwa orang yang sehat akan BSB sekitar 1-3 kali sehari dan dalam keadaan puasa 1-2 kali sehari.

Baca Juga: Sebabkan Gangguan Pencernaan, Hindari Buka Puasa dengan Gorengan

Salah satu gejala susah BAB atau sembelit adalah ketika hanya BAB sekali dalam dua atau tiga hari. Jika hal ini tidak segera di atasi, sembelit bisa menimbulkan berbagai masalah.

Lantas, mengapa hal ini terjadi?

1. Kurang minum

Asupan air minum merupakan salah satu hal yang terpenting yang harus dipenuhi. Selain mencegah dehidrasi selama puasa, air minum juga memiliki peran penting dalam sistem pencernaan.

Jika selama sehari kita harus meminum 8 gelas sehari, saat berpuasa, kita memerlukan tambahan 3-4 gelas sehari untuk memaksimalkan detoksifikasi yang terjadi selama berpuasa.

Baca Juga: Nikita Mirzani Bersyukur Anaknya Sudah Ikut Belajar Berpuasa Tahun Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x