Kompas TV nasional peristiwa

Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Kompas.tv - 26 April 2021, 06:07 WIB
kabinda-papua-brigjen-tni-i-gusti-putu-danny-karya-nugraha-akan-dimakamkan-di-tmp-kalibata
Rumah guru yang dibakar KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu (17/4/2021). (Sumber: HUMAS SATGAS NEMANGKAWI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Serta, dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto melalui keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Senin (26/4/2021).

“Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian, dan besok pagi (Senin, 26 April 2021) direncanakan akan dibawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata,” kata Wawan Hari Purwanto.

“Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap  Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: Kiprah Kepala BIN Papua Brigjen Gusti yang Gugur Ditembak KKB, Belum Setahun Jadi Perwira Tinggi TNI

Wawan menuturkan, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi.

“Beliau dikenal memiliki karir cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras,” ujarnya.

“Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen,” lanjutnya.

Wawan lebih lanjut menuturkan, gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Baca Juga: Jenderal TNI yang juga Kepala BIN Papua Ditembak KKB, Ini Lokasi Penembakannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x