Kompas TV regional peristiwa

Jenderal TNI yang juga Kepala BIN Papua Ditembak KKB, Ini Lokasi Penembakannya

Kompas.tv - 26 April 2021, 01:50 WIB
jenderal-tni-yang-juga-kepala-bin-papua-ditembak-kkb-ini-lokasi-penembakannya
Rumah guru yang dibakar KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu (17/4/2021). (Sumber: HUMAS SATGAS NEMANGKAWI)
Penulis : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV- Jenderal bintang satu, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha yang juga kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Papua gugur ditembak anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Minggu (25/4/2021).

Putu Danny ditembak di Kampung Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua yang ternyata pernah diserang oleh KKB beberapa waktu lalu.

Kapolsek Beoga, Ipda Ali Akbar menyebut, lokasi kejadian berada cukup jauh dari Polsek dan Koramil Beoga.

"Lokasi kejadian di Kampung Dambet, tiga kilometer dari Polsek dan Koramil," ujar Ali, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (25/4/2021) malam.

Baca Juga: TNI Sebut Penembakan Kepala BIN Papua Diduga Dilakukan KKB Pimpinan Lekagak Telenggen

Di Kampung Dambet sebelumnya sempat terjadi pembakaran fasilitas sekokah, rumah kepala suku dan dua rumah dinas guru yang dilakukan oleh KKB.

Mengenai keberadaan KKB, ia meyakini mereka masih berada di Beoga. Menurut dia, usai melakukan pembakaran di Kampung Dambet pada 17 April 2021, sangat mungkin KKB hanya berpindah kampung.

"Kemungkinan mereka ada di Kampung Tinggelbet, itu di sebelahnya Kampung Dambet," kata dia.

Ali Akbar mengaku belum mengetahui persis kronologi kejadian, namun ia memastikan tidak ada suara tembakan yang terdengar dari Polsek Beoga.

Baca Juga: Jenazah Kepala BIN Papua yang Ditembak KKB Baru Bisa Dievakuasi Besok, Pangdam Beri Pengawalan

"Tidak ada suara tembakan yang kami dengar, (tapi) waktu kami mau olah TKP kasus pembakaran sekolah dan rumah kepala suku, kami sempat dengar suara tembakan," kata dia mengutip Kompas.com.

Mengenai evakuasi jenazah Kabinda Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Ali Akabr menyebut hal tersebut akan dilakukan pada Senin (26/4/2021) pagi.

"Rencananya evakuasi besok pagi, sekarang jenazah ada di Puskesmas Beoga," ungkapnya.

Terpisah, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono membenarkan peristiwa gugurnya Kepala BIN Papua karena ditembak KKB.

Baca Juga: Paniel Kogoya Habiskan Dana Lebih dari Rp1 Miliar untuk Pasokan Senjata KKB Papua, Ini Rinciannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x