Kompas TV olahraga kompas sport

Pawai Kemenangan Pendukung Persija Dibubarkan Polisi

Kompas.tv - 26 April 2021, 04:05 WIB
pawai-kemenangan-pendukung-persija-dibubarkan-polisi
Warga Pendukung Persija merayakan gelar juara Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia. Setelah dua jam, kerumunan warga dibubarkan  polisi, pada Minggu (26/4). (Foto : KompasTV/Ardi Praseno)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kemenangan tim Persija Jakarta atas Persib bandung di Piala Menpora 2021, dirayakan ribuan suporter Persija dengan turun ke jalan-jalan ibu kota.

Sayangnya, dalam perayaan ini suporter tampak mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Setelah perayaan pendukung berlangsung sekitar 2 jam, pihak kepolisian akhirnya melakukan pembubaran paksa.

Berdasarkan pantauan KompasTV, konsentrasi  warga Jakarta pendukung Persija, tampak terlihat di Bundara Hotel Indonesia, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat .

Di area tersebut para suporter berkeliling dengan konvoi sepeda motor, dan sebagian berjalan kaki. Massa mulai memadati  kawasan Bundaran HI pada pukul 23.30 WIB Sabtu (25/4/2021).

Mereka juga tampak menyalakan kembang api, sambil meneriakan yel-yel dukungan dan nyanyian untuk merayakan kemenangan tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Bahkan sebagian suporter, nekat nyemplung ke kolam air mancur di Bundaran Hotel Indonesia.

Baca Juga: Pendukung Persija Jakarta Pawai di Jalanan Rayakan Gelar Juara Piala Menpora 2021

Berkumpulnya massa dalam jumlah ribuan ini menjadi perhatian petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pihak kepolisian. Mereka tampak juga berada di lokasi untuk melakukan pengamanan.

Beberapa kali petugas tampak mencoba membubarkan massa yang mulai berkumpul sejak pukul 23.00 WIB, Sabtu (25/4/2021). Dengan pengeras suara, petugas menghimbau massa untuk meninggalkan kawasan Bundaran HI, agar tidak berkumpul karena berpotensi  mempermudah penyebaran virus Covid-19.

Namun ajakan petugas tersebut tampak tidak diindahkan warga. Mereka tetap memilih untuk merayakan kemenangan di kawasan itu, sambil bernyanyi, berjingkrak, berkonvoi dan menyalakan kembang api.

Baca Juga: Mampir ke Solo, Anies Baswedan Suntik Semangat Persija Jakarta Jelang Final Piala Menpora

Petugas pun tidak melakukan upaya paksa lebih lanjut untuk menindak pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi, karena kurangnya personel.

Namun setelah perayaan kemenangan berlangsung sekitar dua jam, petugas kepolisian mendatangkan kekuatan Birgade Mobil (Brimob), ditambah pengerahan kendaraan taktis baracuda, dan juga didukung personel Satpol PP Pemprov DKI Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran pun tampak hadir di lokasi memanatau langsung proses sterislisasi Bundaran Hotel Indonesia. 

Akhirnya mulai pukul  01.30 WIB, Senin (26/4/2021), upaya pembubaran paksa mulai dilakukan. Polisi dan Satpol PP menghalau massa pendukung Persija untuk meninggalkan Bundaran Hotel Indonesia.  Massa pun berangsur-angsur meninggalkan kawasan tersebut.

Hingga pukul 03.00 WIB pagi ini, kawasan Bundaran HI telah kembali lengang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x