Kompas TV cerita ramadan cerita

Mengisi Ramadan, Prajurit Marinir Angkatan Laut Adakan MTQ Tingkat Pasmar 1

Kompas.tv - 26 April 2021, 04:25 WIB
mengisi-ramadan-prajurit-marinir-angkatan-laut-adakan-mtq-tingkat-pasmar-1
Para pemenang lomba MTQ dan adzan tingkat Pasmar 1 (Sumber:tnial.mil.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Selain punya kemampuan tempur, ternyata sebagian prajurit marinir Angkatan Laut juga punya kemampuan membaca Alquran yang indah.

 

Hal itu terlihat dari lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan adzan tingkat Pasmar 1 tahun 2021, di di Masjid Ar – Rahman Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda, Jakarta Utara , Jum’at (23/04/2021).

Para prajurit itu membaca quran dengan mengenakan pakaian loreng khas marinir dan berpeci. 

Dilihat dari laman tnial.mil.id, pelaksanaan lomba MTQ dan Adzan ini dinilai memiliki makna penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti penting ajaran Alquran. 

Baca Juga: Masuk ke Fase Tenggelam, TNI AL Siapkan Dua Skenario Evakuasi Kapal Selam KRI Nanggala-402

Bagi para prajurit marinir, ajaran kitab suci itu  harus dijadikan sebagai motivasi dalam membangun kepribadian sebagai umat Islam. 

Dengan pelaksanaan kegiatan ini juga tidak hanya sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata melainkan lebih dari pada itu sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkam nilai-nilai islam.

Pada perlombaan tersebut, Juara 1 lomba Qori jatuh kepada Serda Mar Saeful Amri dari Yonbekpal 1 Marinir, Juara 2 diraih oleh Prada Mar Candra Firmansyah dari Yontankfib 1 Marinir, sedangkan Juara 3 diperoleh oleh Kopka Mar Dwi Sugiono dari Batalyon Zeni 1 Marinir.

Sedangkan untuk lomba Qoriah juara 1 dimenangkan oleh Ny. Nurmala Yusuf istri dari Sertu Mar Ramli dari Batalyon Infanteri 2 Marinir, Juara 2 diraih oleh Ny. Taufiqurohman Kalimatul Ulfa istri dari Kopda Mar Taufiqurohman dari Batalyon Arhanud 1 Marinir, sementara Juara 3 diraih oleh Ny. Susiati istri dari Lettu Marinir Sudihati dari Batalyon Howitzer 1 Marinir.

Baca Juga: Pelajar Hafiz Alquran di Deli Serdang Gelar Doa Keselamatan untuk Prajurit TNI AL KRI Nanggala-402

Selanjutnya pada lomba Adzan, Juara 1 dimenangkan oleh Pratu Mar Fakhozin dari Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir, Juara 2 diraih oleh Koptu Apk Santoni dari Batalyon Kesehatan 1 Marinir dan Juara 3 diraih oleh Pratu Mar Denny Setiawan dari Batalyon Infanteri 2 Marinir.

"Saya ucapkan selamat kepada saudara yang dapat meraih juara dalam perlombaan MTQ dan Adzan ini, saya berpesan janganlah saudara bertepuk dada karena keberhasilan yang saudara raih harus dapat dipertahankan dan ditunjukan untuk mewakili Pasmar 1 dalam perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Adzan ke tingkat yang lebih tinggi," ucap Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto pada amanatnya, dalam acara penutupan  di lobby Markas Komando Pasmar 1 Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda, Jakarta Utara, Jum'at (23/04/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x