Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gandeng Pemkot Solo, Shopee Targetkan 10.000 UMKM Solo Go Ekspor

Kompas.tv - 24 April 2021, 14:59 WIB
gandeng-pemkot-solo-shopee-targetkan-10-000-umkm-solo-go-ekspor
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming (kiri) dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (kanan) dalam kolaborasi UMKM Solo Go Ekspor, Jumat (23/4/2021). (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

SOLO, KOMPAS.TV – Kolaborasi strategis “UMKM Solo Go Ekspor” ditandai dengan penandatanganan kesepakatan di antara Shopee Indonesia dengan Pemerintah Kota Surakarta, Jumat, (23/4/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Surakarta dalam memperluas pangsa pasar luar negeri.

Dalam melakukan edukasi terhadap para pelaku UMKM, Shopee memiliki lima fokus utama, yaitu edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta ekspor.

Kolaborasi antara Shopee dan Pemerintah Kota Surakarta diawali dengan rangkaian acara “UMKM Solo Go Ekspor” yang diadakan pada tanggal 23-24 April 2021.

Dalam acara ini, Shopee menghadirkan talkshow untuk para pelaku UMKM di Kota Surakarta dengan pilihan topik yang mengakomodir berbagai skala bisnis dengan kurikulum yang telah dikurasikan sesuai dengan kebutuhan yang berbeda.

Baca Juga: Program Ekspor Shopee Bantu UMKM Solo Go International

Pada hari pertama, para pelaku usaha lokal disuguhkan topik terkait kiat ekspansi bisnis yang menghadirkan Shandy Aulia selaku pemilik dari Shandy Aulia Collections, serta dua pelaku usaha lokal, yaitu Adhitya Caesarico selaku pemilik Aerostreet, dan Reni Afriyanti selaku pemilik Koyuhijab.

Pada hari kedua, Shopee menghadirkan tokoh yang sudah berpartisipasi menjadi eksportir, yakni Natasha Wilona selaku pemilik dari Marshwillow.

Sampai saat ini, sudah tercatat sekitar 40.000 UMKM di Surakarta yang mendaftar di Shopee. 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Angka ini menandakan besarnya potensi ruang tumbuh bagi pedagang lokal untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi menuju ekspor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x