Kompas TV nasional peristiwa

Ini Spesfikasi MV Swift Rescue, Kapal Penyelamat AL Singapura yang Ikut Pencarian KRI Nanggala-402

Kompas.tv - 22 April 2021, 12:41 WIB
ini-spesfikasi-mv-swift-rescue-kapal-penyelamat-al-singapura-yang-ikut-pencarian-kri-nanggala-402
Kapal MV Swift Rescue milik Angkatan Laut Singapura akan membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di Perairan Bali, Rabu (21/4/2021). Kapal Singapura itu diperkirakan tiba pada 24 April 2021 nanti. (Sumber: militaryleak.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

BALI, KOMPAS.TV- Sejumlah negara dipastikan mengirimkan kapal bantuan mereka untuk ikut misi pencarian hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di Perairan Bali. Singapura dan Malayisa dua di antara negara-negara itu.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Achmad Riad mengatakan angkatan laut negeri Singa mengirimkan kapal penyelamat MV Swif Rescue yang diperkirakan tiba di lokasi pencarian pada Sabtu (24/4/2021).

Malaysia juga mengirimkan bantuan kapal penyelamat MV Mega Bakti. Kapal yang berusia sembilan tahun ini meluncur dari Kinabalu.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Masih dalam Pencarian, Ini Deretan Kapal Selam yang Hilang dan Berhasil Ditemukan

“Untuk Malaysia mengirim MV Mega Bakti diperkirakan tiba pada 26 April 2021,” imbuh Achmad Riad, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, untuk saat ini baru kapal penyelamat dari dua negera tersebut yang mengkonfirmasi untuk membantu. Meski, ada juga tawaran dari sejumlah negara lain seperti Amerika Serikat, Jerman, Turki, India, Rusia, dan Australia.

"Tetapi ada prosedur, tadi pagi Bapak Panglima sempat berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri terkait security trading dan sebagainya," imbuh dia.

Melansir laman defensenews.com, MV Swift Rescue, merupakan kapal penyelamat yang dilengkapi kapal selam Deep Search and Rescue Six (DSAR 6).

Kapal selam ini didasarkan pada kendaraan penyelamat kapal selam DSAR 500 Class yang diproduksi James Fisher Defence.

Baca Juga: Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak Sempat jadi Andalan Saat Sengketa Blok Ambalat

Sebagai kapal rescue untuk awak kapal selam, MV Swift Rescue dilengkapi perangkat kesehatan hyperbaric untuk mengatasi trauma hipotermia.

Bahkan di MV Swift Rescue juga terdapat fasilitas helipad untuk mendukung evakuasi medis udara dengan helikopter.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x