Kompas TV nasional update

Berkaca dari India, Menkes Imbau Masyarakat Tetap Disiplin dan Waspada Terhadap Covid-19

Kompas.tv - 20 April 2021, 10:06 WIB
berkaca-dari-india-menkes-imbau-masyarakat-tetap-disiplin-dan-waspada-terhadap-covid-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: setkab.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dan waspada terhadap laju penularan Covid-19.

Meski vaksinasi terus berjalan, Budi mengingatkan masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Tolong kita jaga diri kita, kita tetap waspada, kita tetap hati-hati, kita tetap disiplin menjalankan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), kita tetap mematuhi aturan PPKM Mikro yang menurut kami sudah sangat baik jalannya,” terangnya dalam konferensi pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 di Istana Kepresidenan, Senin (19/4/2021).

Hal ini berkaca pada negara India yang mengalami lonjakan tinggi kasus Covid-19. Menurutnya, lonjakan itu terjadi karena adanya varian baru virus Corona.

Semestinya, capaian vaksinasi yang tinggi dan menurunnya kasus di negara tetap perlu didukung dengan kedisiplinan dan kewaspadaan.

“Penyebabnya ada dua, yang pertama adalah mutasi baru, sudah masuk juga di Indonesia, walaupun kita masih sangat sedikit insidennya. Yang kedua, yang paling penting adalah karena mereka sudah vaksinasinya tinggi, jumlah konfirmasi kasusnya menurun, mereka lupa, mereka kurang waspada, mereka mengendurkan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak),” ujar Menkes.

Sebagai catatan, hingga Minggu (18/4/2021) Kementerian Kesehatan India mencatat ada penambahan kasus baru sebanyak 275.306. Sehingga, total keseluruhan kasus yang terjadi di Negeri Bollywood ini sebesar 15.057.7677.

Hal itu menempatkan India berada tepat di bawah Amerika Serikat yang memiliki jumlah kasus sebanyak 32.4040.454 kasus.

Kenaikan tersebut disebabkan masyarakat yang sudah kembali melakukan aktivitas normal, seperti menggelar pesta pernikahan besar hingga acara keagamaan tanpa masker dan jarak sosial.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x