Kompas TV nasional sosial

Menag Ingatkan Jaga Kesehatan Hukumnya Wajib, Sedangkan Mudik Sunah

Senin, 19 April 2021 | 19:17 WIB
menag-ingatkan-jaga-kesehatan-hukumnya-wajib-sedangkan-mudik-sunah
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas saat di Kantor Wapres, Jakarta. (Sumber: KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pemerintah melarang mudik pada Lebaran 2021 karena ingin melindungi seluruh warganya dari penularan Covid-19. Apalagi menjaga kesehatan di tengah pandemi hukumnya wajib sementara mudik Lebaran sunah.

“Kenapa dilarang karena kita memiliki dasar, mudik itu paling banter hukumnya adalah sunah. Sementara menjaga kesehatan diri kita menjaga kesehatan keluarga, menjaga kesehatan lingkungan kita, itu adalah wajib,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (19/4/2021).

“Jadi jangan sampai apa yang wajib itu digugurkan oleh yang sunah, atau mengejar sunah tapi meninggalkan wajib, itu tidak ada dalam tuntunan agama,” tambahnya.

Baca Juga: Dugaan Penistaan Agama Desak Made, Menag Yaqut Minta Aparat Tindak Tegas

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga mengingatkan kembali izin ibadah Ramadan hanya diperbolehkan dengan syarat. Di antaranya, pembatasan 50% dari kapasitas masjid atau musala serta hanya bisa dilakukan di zona hijau dan zona kuning.

“Untuk merah dan oranye tetap tidak ada pelonggaran, kita tidak memberikan kelonggaran untuk zona merah dan oranye,” ujarnya.

“Artinya ada lagi bawa dalil mendahulukan keselamatan itu ada wajib harus lebih diutamakan daripada mengejar kesunatan yang lain,” tambahnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:59
PEMERINTAH MENETAPKAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH JATUH PADA HARI KAMIS, 13 MEI 2021   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN SEBUT 310 KG SABU YANG DISITA POLISI BERASAL DARI IRAN   POLDA METRO JAYA GAGALKAN PENYELUDUPAN 310 KILOGRAM SABU DARI JARINGAN INTERNASIONAL YANG AKAN DIEDARKAN DI JAKARTA    KADIV HUMAS POLRI JELASKAN HARGA JUAL BELI JABATAN DI KABUPATEN NGANJUK RP 2 JUTA SAMPAI RP 50 JUTA   BARESKRIM POLRI DAN PENYIDIK KPK SITA UANG YANG DIDUGA HASIL SUAP BUPATI NGANJUK SENILAI LEBIH DARI RP 600 JUTA    BARESKRIM POLRI PERIKSA 18 SAKSI DALAM OTT BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP JUAL BELI JABATAN   KPK BUKA KUNJUNGAN BAGI KELUARGA TAHANAN DI RUTAN KPK SAAT HARI RAYA IDUL FITRI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT    KENDARAAN DI LUAR PELAT NOMOR JAWA BARAT MENDOMINASI PENGENDARA RODA DUA YANG MELINTAS DI JALUR PANTURA HARI INI   LEBIH DARI 1.200 KENDARAAN DIPUTAR BALIK DARI TITIK SEKAT KEDUNGWARINGIN, KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT   HINDARI KERUMUNAN SAAT IDUL FITRI, PEMPROV DKI TUTUP SEMENTARA AKTIVITAS ZIARAH DI 82 TPU PADA 12-16 MEI 2021    IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL NASARUDIN UMAR MINTA MAAF KEPADA JEMAAH ATAS PEMBATALAN SHALAT ID DI ISTIQLAL TAHUN INI   PENULARAN COVID-19 MASIH TINGGI DI DKI, MASJID ISTIQLAL BATALKAN PELAKSANAAN SHALAT IDUL FITRI 1442 HIJRIAH   PEMPROV DKI SEBUT PENUTUPAN TPU HANYA BERLAKU UNTUK ZIARAH, PELAYANAN PENGUBURAN JENAZAH TETAP DIBUKA   VAKSIN TAK JAMIN BEBAS COVID-19, DOKTER SUKARELAWAN COVID-19 FAJRI ADDAI IMBAU MASYARAKAT PATUHI LARANGAN MUDIK