Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadan Bagi Pengrajin Rebana Di Kabupaten Blitar

Kompas.tv - 19 April 2021, 18:04 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS TV - Setelah berhenti berproduksi akibat pandemi corona, pengrajin rebana di Kabupaten Blitar kini perlahan mulai bangkit. Datangnya bulan Ramadan membuat jumlah pesanan meningkat hingga mampu merambah ke luar negeri.

Sejak pagi hari para pengrajin rebana di kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar ini sibuk menata rebana pesanan para konsumen. Berbagai jenis ukuran rebana dipersiapkan dan dicoba kenyaringan bunyinya oleh para pekerja.

Di bulan ramadan kali ini permintaan rebana meningkat hingga 50 persen dari biasanya. Rata-rata setiap hari pera pengrajin mampu memproduksi dan menjual 8 buah rebana ke berbagai daerah di Indonesia.

Datangnya bulan ramadan kali ini membawa berkah bagi para pengrajin. Mereka kembali dapat merasakan manisnya keuntungan dari penjualan rebana setelah pada ramadan tahun lalu berhenti beroperasi akibat pandemi covid 19.

Baiknya kualitas yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Bahan baku yang digunakan juga merupakan bahan pilihan, seperti kulit kambing etawa yang tebal dan bagus.

Rebana khas Blitar ini sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia, bahkan penjualanya telah sampai ke Taiwan dan Malaysia.

Rebana khas Blitar ini dijual dengan harga 350 ribu rupiah per bijinya. Kini dalam sekali moment ramadan seperti ini, para pengrajin mampu mengantongi pendapatan puluhan juta rupiah.

#Blitar #Ramadan #Rebana #Kerajinan #Puasa #Beritakediri 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x