Kompas TV nasional sosial

Gebyar Ramadan, Uhamka Gelar Kompetisi Tingkat Internasional: Harmoni Islam dan Kebudayaan

Minggu, 18 April 2021 | 21:58 WIB
gebyar-ramadan-uhamka-gelar-kompetisi-tingkat-internasional-harmoni-islam-dan-kebudayaan
Gebyar Ramadan ajang kompetisi tingkat internasional diselenggarakan secara online (daring), dari Jakarta untuk mancanegara, Sabtu (17/4/2021). (Sumber: Dok Humas Uhamka)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam rangka meningkatkan religuisitas di bulan Ramadan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) menggelar sejumlah kegiatan.

Salah satunya adalah gebyar Ramadan yang berisi kompetisi 13 bidang perlombaan.

Baca Juga: Untuk Misi Kemanusiaan, Uhamka Terjunkan Tim Medis dan Logistik Bantu Korban Bencana di Sulbar

Ke-13 bidang perlombaan itu di antaranya adalah Hifdzul Qur’an, Adzan, Ceramah, Risalah Buya Hamka, Mendongeng, Marawis, Meme Kreatif, Video Dokumenter, Tartil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah, Nasyid, MTQ, Lagu dan Islami Solo.

"Kegiatan gebyar Ramadan ini kontribusi nyata bagi kemajuan budaya yang tak terpisahkan dari visi Uhamka,” kata Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/4/2021).

Menurut Gunawan, gebyar Ramadan itu merupakan dakwah pendidikan yang dilakukan Uhamka sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Gebyar ini merupakan upaya menyemarakkan Ramadan, juga penegasan tentang harmoni Islam dan kebudayaan, di mana Islam memberikan ruang cipta rasa dan karsa," ujarnya.

Penulis : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:23
KHAWATIR TERHADAP LONJAKAN KASUS COVID-19 SECARA GLOBAL, TURNAMEN BULU TANGKIS MALAYSIA OPEN 2021 DITUNDA   OLIMPIADE TOKYO BERLANGSUNG MULAI 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   CEGAH TERORISME, PEMERINTAH JEPANG SEBUT ADA ZONA LARANGAN TERBANG DI SEJUMLAH ARENA OLIMPIADE TOKYO   PEMKOT PALEMBANG: SHALAT ID DI RUMAH BERLAKU BAGI WARGA DI ZONA MERAH COVID-19   PEMKOT PALEMBANG IZINKAN WARGA DI WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 GELAR SHALAT ID DI MASJID DENGAN PROKES   WALI KOTA BOGOR: BISA DIBAYANGKAN JIKA TEMPAT WISATA DI JAKARTA DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN, SEMUANYA AKAN KE BOGOR   PEMKOT BOGOR PERTIMBANGKAN TUTUP TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN 2021   PEMKOT TANGSEL PERKETAT PENERAPAN PROKES DI LINGKUNGAN RUMAH PENYINTAS COVID-19 VARIAN B1617 DI SERPONG UTARA   DISHUB DKI: PERJALANAN MUDIK DILARANG DI WILAYAH AGLOMERASI JABODETABEK, BEKERJA DIPERBOLEHKAN   AIRNAV PASTIKAN VIDEO VIRAL YANG MENAMPILKAN PENERBANGAN MALAM BERISI WNA ADALAH HOAKS   ICW MENANTANG KOMISIONER KPK MENGIKUTI TES WAWASAN KEBANGSAAN DALAM TAHAP PERALIHAN JADI ASN   ICW MINTA PRESIDEN JOKOWI TANGGUNG JAWAB SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN KPK YANG JADI POLEMIK   ICW SOROTI PERBEDAAN PERNYATAAN HAKIM MK SALDI ISRA SOAL BUKTI UJI FORMIL UU KPK   YLBHI MENILAI PRESIDEN JOKOWI BERTANGGUNG JAWAB ATAS UPAYA PELEMAHAN KPK YANG TAMPAK BELAKANGAN INI