Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Minta Pfizer Tambah Pasokan Vaksin Covid-19

Minggu, 18 April 2021 | 18:24 WIB
jepang-minta-pfizer-tambah-pasokan-vaksin-covid-19
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menaiki pesawatnya untuk berangkat di Pangkalan Angkatan Udara Andrews Md, Sabtu, 17 April 2021, setelah kunjungannya ke Washington. (Sumber: AP Photo/Luis M. Alvarez)

TOKYO, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta produsen obat AS Pfizer Inc menambah pasokan vaksin Covid-19 untuk mempercepat upaya vaksinasi Jepang yang dipandang tertinggal dari banyak negara lain, demikian dilansir Associated Press, Minggu (18/04/2021).

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengakhiri kunjungan resminya ke Amerika Serikat hari Sabtu (17/04/2021) dengan panggilan telepon ke CEO Pfizer Albert Bourla. Sebelumnya Suga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Taro Kono, seorang menteri kabinet yang ditugaskan untuk vaksinasi, mengatakan pada acara bincang-bincang televisi Jepang hari Minggu kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan mengenai vaksin.

Suga meminta Bourla memberikan pasokan tambahan agar vaksinasi di Jepang bisa mencakup semua penerima yang memenuhi syarat pada September, serta untuk memastikan pengiriman yang stabil dan lebih cepat dari pengiriman vaksin yang saat ini berlangsung, kata pejabat Jepang, Minggu. 

Baca Juga: Jepang Klaim Air Nuklir Fukushima Aman dan Bisa Diminum, China: Kenapa Tak Kirim ke AS Saja?

Vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech. Penelitian baru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer dapat melindungi dari mutasi yang ditemukan pada dua varian virus korona menular yang meletus di Inggris dan Afrika Selatan. (Sumber: AP Photo)

Menurut para pejabat Jepang, Bourla memberi tahu Suga Pfizer berencana berkoordinasi erat dengan pemerintah Jepang untuk membahas permintaan tersebut.

Jepang yang masih dalam tahap awal pengembangan vaksin dalam negeri harus mengandalkan impor dan telah menandatangani perjanjian dengan Pfizer, AstraZeneca dan Moderna. Vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang disetujui Jepang sejauh ini.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:26
DPRD JEMBER BERI PENILAIAN RAPOR MERAH TERHADAP LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SERGAP DAN TANGKAP 1 KAPAL IKAN ILEGAL BERBENDERA MALAYSIA DI SELAT MALAKA   TIMNAS ESPORTS BASKET INDONESIA HADAPI FILIPINA PADA BABAK FINAL TURNAMEN FIBA ESPORTS OPEN III 2021   BARESKRIM POLRI GANDENG INTERPOL BURU JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   BARESKRIM POLRI MENDALAMI VIDEO PRIA YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26 BERNAMA JOZEPH PAUL ZHANG   PANGDAM XVII/CENDERAWASIH: TUDUHAN GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA HANYA UNTUK TUTUPI KEJAHATAN KKB   TNI-POLRI BANTAH TUDINGAN KKB YANG SEBUT GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA APARAT   WAKIL BUPATI LUMAJANG BENARKAN CAMAT PRONOJIWO DICOPOT KARENA DIANGGAP TAK SIGAP TANGANI DAMPAK KORBAN GEMPA   DINILAI KURANG PAHAM CARA MENANGANI BENCANA, CAMAT PRONOJIWO, LUMAJANG, JAWA TIMUR, DICOPOT DARI JABATANNYA   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI ATAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN: PENAMBAHAN KASUS POSITIF COVID-19 HARUS JADI PERHATIAN PEMDA SETIAP HARI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH JADI "ROLE MODEL" PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   BANYAK PHK AKIBAT PANDEMI, PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH MEMPERBANYAK PROGRAM PADAT KARYA   BMKG DORONG PEMDA TINGKATKAN MITIGASI DAN KEWASPADAAN WARGA TERHADAP BENCANA