Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Minta Pfizer Tambah Pasokan Vaksin Covid-19

Minggu, 18 April 2021 | 18:24 WIB
jepang-minta-pfizer-tambah-pasokan-vaksin-covid-19
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menaiki pesawatnya untuk berangkat di Pangkalan Angkatan Udara Andrews Md, Sabtu, 17 April 2021, setelah kunjungannya ke Washington. (Sumber: AP Photo/Luis M. Alvarez)

TOKYO, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta produsen obat AS Pfizer Inc menambah pasokan vaksin Covid-19 untuk mempercepat upaya vaksinasi Jepang yang dipandang tertinggal dari banyak negara lain, demikian dilansir Associated Press, Minggu (18/04/2021).

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengakhiri kunjungan resminya ke Amerika Serikat hari Sabtu (17/04/2021) dengan panggilan telepon ke CEO Pfizer Albert Bourla. Sebelumnya Suga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Taro Kono, seorang menteri kabinet yang ditugaskan untuk vaksinasi, mengatakan pada acara bincang-bincang televisi Jepang hari Minggu kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan mengenai vaksin.

Suga meminta Bourla memberikan pasokan tambahan agar vaksinasi di Jepang bisa mencakup semua penerima yang memenuhi syarat pada September, serta untuk memastikan pengiriman yang stabil dan lebih cepat dari pengiriman vaksin yang saat ini berlangsung, kata pejabat Jepang, Minggu. 

Baca Juga: Jepang Klaim Air Nuklir Fukushima Aman dan Bisa Diminum, China: Kenapa Tak Kirim ke AS Saja?

Vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech. Penelitian baru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer dapat melindungi dari mutasi yang ditemukan pada dua varian virus korona menular yang meletus di Inggris dan Afrika Selatan. (Sumber: AP Photo)

Menurut para pejabat Jepang, Bourla memberi tahu Suga Pfizer berencana berkoordinasi erat dengan pemerintah Jepang untuk membahas permintaan tersebut.

Jepang yang masih dalam tahap awal pengembangan vaksin dalam negeri harus mengandalkan impor dan telah menandatangani perjanjian dengan Pfizer, AstraZeneca dan Moderna. Vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang disetujui Jepang sejauh ini.

Pemerintah Jepang mengatakan sudah mengamankan 314 juta dosis, cukup untuk menutupi seluruh populasinya pada akhir tahun ini. Itu termasuk 144 juta dosis dari Pfizer.

Vaksinasi massal dimulai pada pertengahan Februari dan baru menyuntik kurang dari 1% populasi. Proses yang lambat terhambat oleh kekurangan vaksin di tengah kontrol ekspor oleh Uni Eropa.

Kono mengatakan kecepatan pengiriman vaksin diharapkan meningkat mulai Mei.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


SINAU

Apa itu Doping? dan Bahayanya bagi Tubuh

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:50 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19