Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Klaim Air Nuklir Fukushima Aman dan Bisa Diminum, China: Kenapa Tak Kirim ke AS Saja?

Kamis, 15 April 2021 | 19:55 WIB
jepang-klaim-air-nuklir-fukushima-aman-dan-bisa-diminum-china-kenapa-tak-kirim-ke-as-saja
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi di kota Okuma, Prefektur Fukushima di utara Tokyo, Jepang. Foto diambil pada 13 Februari 2021. (Sumber: Kyodo News via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV - China menyindir Jepang yang akan membuang limbah air nuklir Fukushima ke Laut. Mereka mempertanyakan, jika air itu aman dan bisa diminum, kenapa tak kirim air nuklir itu ke Amerika Serikat? 

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh salah satu juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying di platform Twitter. 

Pernyataan tersebut semakin memperkuat penolakan China terhadap rencana Jepang yang akan membuang air limbah radioaktif dari reaktor nuklir Fukushima. 

“Jepang dan AS mengklaim bahwa air limbah nuklir yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima sesuai dengan standar keamanan internasional dan bahkan dapat diminum, lalu mengapa mereka tidak menyimpan airnya untuk diri mereka sendiri? Atau mungkin mengirimkannya ke AS?" tulis Hua yang dikutip dari akun Twitter-nya, @SpokespersonCHN, Rabu (14/4/2021).

Hua menambahkan, akan lebih baik untuk memiliki penilaian dari internasional tentang keamanan air limbah nuklir Fukushima Jepang itu sebelum ada yang meminumnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China lainnya, Zhao Lijian mengadakan jumpa pers pada Rabu (14/4/2021) terkait keputusan Jepang tersebut. 

Baca Juga: Jepang Akan Buang Air yang Tercemar Nuklir Pembangkit Fukushima ke Laut

Melansir Xinhua, Zhao mengatakan, China sangat mendesak pihak Jepang untuk menghadapi tanggung jawabnya, mengikuti ilmu pengetahuan, memenuhi kewajiban internasionalnya dan menanggapi keprihatinan serius masyarakat internasional, negara-negara tetangga, dan rakyatnya sendiri.

Mengutip laporan media Jepang bahwa pekerjaan pelepasan limbah nuklir ke laut akan dimulai dalam dua tahun dan berlangsung selama 30 tahun. Jumlah total limbah nuklir disebut akan melebihi 1 juta ton. 

Zhao mengatakan bahwa jumlah, durasi, cakupan area yang terkena dampak dan tingkat risikonya belum diketahui akan seburuk apa ke depannya. 

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19