Kompas TV klik360 sinau

Penting! Ini Cara Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Jumat, 16 April 2021 | 18:48 WIB

KOMPAS.TV - Memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa di bulan Ramadan penting untuk mencegah dehidrasi.

Gejala dehidrasi umumnya ditandai dengan mulut kering, terasa pusing, dan munculnya rasa lemas.

Ahli kulit dan kecantikan Dr. Friska Natasya menjelaskan, gejala dehidrasi juga terlihat dari warna urin.

“Terutama kulit kering sama yang biasa kelihatan dari buang air seni, warna urin. Semakin pekat warnanya berarti menandakan semakin kurang cairan,” terangnya dalam wawancara dengan Kompas TV pada 12 Mei 2019.

Dehidrasi juga bisa memicu komplikasi serius seperti tekanan darah rendah hingga masalah ginjal.

Supaya terhindar dari dehidrasi, beberapa cara berikut mungkin bisa diterapkan saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Minum air yang cukup

Selama berpuasa, penting untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan harian. Cukupi kebutuhan minum 8-12 gelas per hari atau 2 liter per hari.

Kurangi kafein

Minuman berkafein seperti teh, kopi, atau coklat berpotensi menyebabkan dehidrasi. Minuman berkafein memiliki sifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing.

Batasi asupan garam dan gula

Makanan atau minuman yang tinggi kandungan garam dan gula bisa meningkatkan rasa haus. Untuk itu, hindari makanan atau minuman tersebut terutama saat sahur.

Konsumsi buah, sayur, dan makanan berkuah

Sayur dan buah secara alami mengandung jumlah cairan yang banyak. Sementara itu, makanan berkuah yang hangat, selain menjadi sumber cairan, juga dapat memberi rasa nyaman pada perut.

Kurangi aktivitas di luar saat siang

Aktivitas di luar ruangan saat siang hari membuat cairan tubuh keluar melalui keringat. Jika ingin berolahraga, bisa melakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:20
MULAI 16 MEI 2021, SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" HINGGA 13 JUNI 2021   DINAS KESEHATAN: KASUS POSITIF COVID-19 DI KOTA BOGOR DI DOMINASI OLEH ORANG USIA PRODUKTIF   ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, DESTINASI WISATA GUNUNG BROMO DAN SEMERU DITUTUP HINGGA 23 MEI 2021   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MINTA WARGA YANG TERLANJUR MUDIK MELAPOR KE RT-RW SAAT TIBA DI JAKARTA   KAPOLRES JAKBAR SEDIAKAN TES ANTIGEN GRATIS BAGI WARGA YANG KEMBALI DARI MUDIK    KAPOLRES JAKBAR IMBAU WARGA YANG KEMBALI KE WILAYAH JAKARTA BARAT USAI MUDIK LAKUKAN TES ANTIGEN   KETUA KCP-PEN AIRLANGGA HARTARTO: ADA 1,5 JUTA ORANG MEMAKSA MUDIK DI MASA PELARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA: POS PEMERIKSAAN ARUS BALIK BERLAKU HINGGA 7 HARI SETELAH LEBARAN   ARUS BALIK LEBARAN, POLDA METRO JAYA SIAPKAN 12 TITIK POS PEMERIKSAAN ARUS BALIK    POLRESTA CIREBON SIAPKAN 1.500 ALAT TES ANTIGEN SELAMA ARUS BALIK LEBARAN   DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JABAR PANTAU PENERAPAN PROKES DI 108 TEMPAT WISATA PADA MASA LIBUR LEBARAN   KPK PASTIKAN PEMBEBASTUGASAN 75 PEGAWAI YANG TAK LULUS TES WAWASAN KEBANGSAAN TIDAK GANGGU KINERJA   PEMKOT MAKASSAR SEGERA BANGUN 21 APARTEMEN LORONG DI PULAU LANJUKANG    MENHUB BUDI KARYA SUMADI TARGETKAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA SELESAI PADA 2022