Kompas TV nasional update

Pengamat: Ada Kemungkinan Reshuffle Kabinet Jokowi Berlangsung Rabu Pekan Depan

Rabu, 14 April 2021 | 20:01 WIB

KOMPAS.TV - Isu perombakan kabinet terus menjadi sorotan setelah istana membenarkan rencana tersebut.

Pengamat menilai pergantian kabinet kali ini tak akan beriringan dengan Pergantian Panglima TNI yang dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pengamat Militer, Aris Santoso menyebut ada perbedaan dalam pergantian Menteri Kabinet dan Pergantian Panglima. Menurutnya penilaian kinerja seorang Panglima TNI pun, hanya dapat dilakukan  oleh sang Panglima tertinggi yakni Presiden.

Aris juga mengatakan, pergantian Panglima TNI Hadi Tjahyanto yang akan memasuki masa pensiun pada bulan November 2021 kemungkinan akan diganti pada bulan Oktober.  Menurutnya hubungan antara Panglima TNI dan Presiden Jokowi  saat ini berjalan baik.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin memberikan signal jika reshuffle kabinet dapat dilakukan pada pekan ini.

Perombakan kabinet ini, menyusul rencana penggabungan dan pembentukan kementerian baru.

Ali meyakini, presiden akan cepat mengambil keputusan reshuffle, karena DPR telah menyetujui rencana perombakan sejumlah kementerian.

Namun terkait posisi jabatan kementerian yang akan direshuffle, ia menegaskan jika Presiden tidak akan terpengaruh oleh tekanan dari manapaun.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menyebutkan jika ada kemungkinan besar Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu pekan depan.

Hal ini melihat dari reshuffle sebelumnya yang kerap berlangsung pada hari Rabu. 

Terkait isu reshuffle kabinet selengkapnya, simak dialog berikut ini. 
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:18
OJK AKAN SANSKI KERAS PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG PENAGIH UTANGNYA MELANGGAR HUKUM   MULAI BESOK, PASAR TANAH ABANG JAKARTA TUTUP SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021 UNTUK LIBUR LEBARAN DAN PERAWATAN RUTIN   WALI KOTA BOBBY NASUTION INSTRUKSIKAN BANGUN TANGGUL UNTUK TANGANI BANJIR KAMPUNG NELAYAN   CEGAH PEMUDIK, POLISI AKAN LAKUKAN PENYEKATAN BERLAPIS MULAI DARI BEKASI HINGGA KARAWANG   KEMNAKER BERI LAMPU HIJAU UNTUK PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN KE TAIWAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH INDONESIA KIRIM BANTUAN 1.400 TABUNG OKSIGEN UNTUK INDIA   SATGAS COVID-19 YOGYAKARTA SEBUT 225 PEMUDIK YANG MASUK YOGYAKARTA AKAN DIISOLASI   PRIA DI JAKARTA MENINGGAL USAI DIVAKSIN, BPOM JAMIN KUALITAS DAN MUTU VAKSIN ASTRAZENECA SUDAH SESUAI WHO   SEBANYAK 1.211 PASIEN POSITIF COVID-19 DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN   WAGUB BANTEN ANDIKA HAZRUMY: KAWASAN PARIWISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE DITUTUP SELAMA PPKM MIKRO   KUNJUNGAN KE PASAR MAYESTIK, GUBERNUR ANIES BASWEDAN NILAI PASOKAN BAHAN PANGAN UNTUK DKI JAKARTA CUKUP DAN STABIL   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LARANG WARGA JAKARTA LAKSANAKAN KEGIATAN ZIARAH KUBUR PADA 12-16 MEI   KEMENAG GUNUNG KIDUL IZINKAN WARGA SHALAT IDUL FITRI DI LAPANGAN   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA YANG KONTAK DENGAN USTAZ TENGKU ZULKARNAIN UNTUK TES CEPAT