Kompas TV nasional peristiwa

Ombudsman RI: Segera Selesaikan Investigasi Kebakaran Tangki Pertamina RU VI Balongan

Kompas.tv - 14 April 2021, 15:32 WIB
ombudsman-ri-segera-selesaikan-investigasi-kebakaran-tangki-pertamina-ru-vi-balongan
Pertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group menangani kebakaran di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) (Sumber: KOMPAS/PERTAMINA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ombudsman RI gelar konferensi pers Penyampaian Hasil Investigasi Ombudsman RI akan "Kebakaran Tangki Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu 29 Maret 2021" secara daring pada Rabu (14/4/2021). 

Pada konferensi pers itu, Anggota Ombudsman RI Hery Susanto menjelaskan bahwa Ombudsman RI telah melaksanakan investigasi lapangan pada lokasi kebakaran tangki Pertamina di Balongan Kabupaten Indramayu dan juga permintaan keterangan kepada pihak PT Pertamina RU VI dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) pada 7-9 April 2021.

Sebagai catatan, sebelumnya, Kilang Pertamina Balongan juga pernah terbakar pada Oktober 2007 dan Januari 2019. 

Baca Juga: Pertamina Mulai Data Kerusakan Rumah Warga Akibat Insiden Kilang Balongan

Berdasarkan penelurusan lapangan, Ombudsman RI menemukan beberapa hal. Pertama, ada keluhan masyarakat yang tidak direspons oleh Pertamina dan tidak ada informasi yang terbuka mengenai kondisi kilang Pertamina Balongan sebelum peristiwa kebakaran terjadi. 

Hery  menyampaikan, sebelum peristiwa terbakarnya tangki pada Minggu 28 Maret 2021, warga sekitar lokasi di Balongan sudah mencium bau yang menyengat dari kilang Pertamina.

“Namun keluhan warga tidak digubris oleh Pertamina sehingga warga menjadi emosi dan terjadi aksi lempar ke Kantor Pertamina. Namun tidak lama kemudian berhasil dibubarkan oleh Polsek Balongan,” kata Harry. 

Data menyebutkan, peristiwa kebakaran dan meledaknya tangki Pertamina Balongan ini berdampak terhadap setidaknya 2.788 rumah warga sekitar dan  telah diverifikasi sebanyak 1.313 rumah.

Jumlah korban dilaporkan mencapai 895 jiwa yang terdiri dari 353 kepala keluarga. Korban jiwa yaitu sebanyak 1 orang meninggal dunia, 35 orang korban luka berat, dan 25 orang luka ringan. 

Baca Juga: Bareskrim Polri Olah TKP Ledakan Pertamina Balongan

Selanjutnya, Ombudsman juga belum menemukan adanya mekanisme mitigasi bencana karena gagal teknologi yang dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x