Kompas TV nasional sapa indonesia

Modus Baru Pencurian Ikan Di Perairan Indonesia, Kapal Asing dengan Awak Kapal WNI

Rabu, 14 April 2021 | 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lagi-lagi, kapal asing, memburu kekayaan laut Indonesia.

Sabtu (10/04) lalu, lima kapal berbendera Vietnam dikejar petugas.

Petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pun, memberi tembakan peringatan saat kapal pencuri ikan itu berusaha kabur.

Saat berhasil dihentikan, petugas menahan 28 awak kapal, yang semuanya adalah warga Vietnam.

Untuk menjalani proses hukum, lima kapal beserta 28 warga Vietnam tersebut dibawa ke stasiun pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, PSDKP pontianak.

Pelaksana tugas dirjen PSDKP, Antam Novambar, menyatakan kelima kapal tersebut, mencuri cumi-cumi dengan peralatan khusus.

Perburuan cumi-cumi di perairan Indonesia, disebut merupakan temuan baru.

Sejak awal tahun ini saja, petugas sudah menangkap kapal asing berbendera Malaysia, dengan awak kapal warga Myanmar, di perairan Selat Malaka.

Kemudian di Selat Makassar, juga di Perairan Kepulauan Riau.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memastikan, tidak ada penerbitan izin, penangkapan ikan, untuk kapal asing.

Karenanya, kapal asing penjarah ikan, telah melanggar batas teritorial laut Indonesia, dan melakukan penangkapan ikan secara ilegal, atau illegal fishing.

Mengapa perburuan ikan di perairan Indonesia kerap terjadi?

Lalu bagaimana mengamankan kekayaan laut Indonesia dari jarahan asing?

Kami akan membahasnya, bersama Juru Bicara Kementerian Kelautan dan Perikanan, Wahyu Muradi.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi dan Analis Batas Maritim, sekaligus Dosen Teknik Geodesi UGM, I Made Andi Arsana.  

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:31
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN FOKUS SIAPKAN SDM KOMPETEN UNTUK KAMPUNG PERIKANAN BUDIDAYA   PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS TARGET PERTUMBUHAN EKONOMI 2021 SEBESAR 4,5-5,5 PERSEN TERCAPAI   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE: VAKSINASI NASIONAL ADALAH SALAH SATU UPAYA DALAM MENCAPAI KEKEBALAN KELOMPOK   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE: MESKIPUN VAKSINASI DILAKUKAN, MASYARAKAT TIDAK BOLEH LENGAH PROTOKOL KESEHATAN   MENKOMINFO: HINGGA 30 APRIL 2021, ADA 1.556 HOAKS SOAL COVID-19 DAN 177 SOAL VAKSIN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN INGATKAN PEMDA MEMPERMUDAH PERIZINAN USAHA BAGI INVESTOR   KSPI PASTIKAN SETIAP PESERTA BURUH TELAH SIAP LAKUKAN TES ANTIGEN, JAGA JARAK, DAN MEMAKAI MASKER   PRESIDEN KSPI SAIQ IQBAL: AKSI "MAY DAY" PADA 1 MEI AKAN DILAKUKAN DENGAN MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN   BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA, JAKTIM, TERUS LAKUKAN PERSIAPAN GUNA LAKSANAKAN TES GENOSE SEBAGAI SYARAT PENUMPANG   FOKUS CEGAH VARIAN BARU VIRUS KORONA, PEMERINTAH PERKETAT KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN JELANG LEBARAN   JELANG LARANGAN MUDIK, KEPOLISIAN RESOR BOGOR KOTA TERAPKAN SISTEM GANJIL-GENAP PADA AKHIR PEKAN INI   DISHUB DKI: OKNUM PNS DISHUB DKI YANG MENJADI KURIR NARKOBA DI ACEH AKAN DIBERHENTIKAN SECARA TIDAK HORMAT   KEMENTERIAN PUPR: SEBANYAK 8.115 RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KALBAR MENDAPAT PROGRAM BEDAH RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO TEGASKAN TIDAK ADA PENGECUALIAN TERKAIT LARANGAN MUDIK